Sangatta (ANTARA Kaltim) - Komandan Korem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Gadang Pambudi meminta para Komandan Kodim di wilayahnya agar membuat perencanaan teritorial dan pembinaan potensi wilayahnya.

"Komandan Kodim juga memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pembinaan teritorial yang menjadi salah satu fungsi utama TNI AD dalam rangka menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan wilayah guna kepentingan pertahanan negara," kata Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi, Rabu.

Hal itu ditegaskan Korem 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Gadang Pambudi dalam sambutannya pada acara Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Kodim 0909/SGT dan Komandan Kodim 0911/Nunukan di halaman Makodim 0909/SGT.

Acara serah terima jabatan Komandan Kodim 0909/SGT dan Komandan Kodim 0911/Nunukan yang dihadiri seluruh Komandan Kodim Se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dan Jajaran Korem 091/ASN, Bupati Kutai Timur Isran Noor, Wakil Ketua DPRD Mahyunadi, Danlanal Letkol laut Sigit, Kajari Didik Farkhan dan pejabat lainnya.

Meski berlangsung di bawah hujan rintik-rintik namun acara itu berjalan lancar.

Sebagai seorang pemimpin termasuk Komandan Kodim, menurut Danrem, dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan akomodatif serta tanggap terhadap perkembangan dan tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan kompleks, bekerja sama dengan pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya secara terpadu dan berkesinambungan.

Danrem juga berpesan agar Komando kewilayahan juga harus mampu menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan dinamika pembangunan di daerah melalui kegiatan karya bhakti dan TMMD sebagai perwujudan pengabdian TNI kepada masyarakat serta terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Karena kemanunggalan TNI dengan rakyat merupakan investasi jangka panjang dalam kerangka pertahanan dan keamanan rakyat semesta sesuai dengan amanat UUD 1945," tegas Danrem yang bertindak sebagai inspektur upacara itu.

Komandan Kodim 0909/SGT diserahterimakan dari Letkol Inf Husni Mubarak kepada Letkol Inf Andi Gunawan dan Komandan Kodim 0911/Nunukan diserahterimakan dari Letkol Inf Budijanto kepada Letkol Inf Putra Widiastama. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013