Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68 diperingati dalam sebuah Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Sabtu.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari Sedangkan yang bertugas sebagai komandan upacara Kapten Infantri Masrun dari Kodim 0906 Tenggarong sementara komandan pasukan pengibaran Bendera Merah Putih Letnan Dua Arm Septian Arif dari Kodim 0906 Tenggarong.


Upacara yang berlangsung tertib dan khidmat itu diikuti ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA, organisasai masyarakat/pemuda, Pegawai Negeri Sipil serta personel TNI dan Polri.

Turut hadir pada upacara tersebut diantaranya para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, anggota DPRD, kepala dinas/instansi di lingkungan pemkab Kukar, tokoh masyarakat, Veteran dan pimpinan organisasi yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Acara yang dimulai pukul 10.00 wita itu diawali dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kutai Kartanegara Salehudin, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Rita Widyasari.

Usai pembacaan doa, upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kutai Kartanegara yang terdiri dari 38 pelajar SLTA (19 putra dan 19 putri) dari 18 kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara.

Siswa/siswi anggota Paskibraka tersebut didampingi unsur dari TNI yang berasal dari anggota Alteleri Medan (Armed) serta anggota dari Polres Kutai Kartanegara.  

Sedangkan petugas pembawa baki yang mengambil bendera pusaka langsung dari tangan Irup Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari adalah Nada Selvia siswi SMA 1 Tenggarong.

Adapun yang bertugas mengibarkan bendera yaitu Risma Tri Saputra pelajar SMAN 2 Tenggarong, Ade Indra Paskah siswa SMAN 1 Tenggarong dan Ali Akbar dari MAN Unggul Tenggarong.

Pelaksanaan pengibaran bendera itu berjalan lancar, hal itu tak lepas dari latihan intensif yang dilakukan selama kurang lebih sebulan.

Usai Upacara, Rita Widyasari menerima penghargaan Bintang Bakti Gerakan Pramuka yang disematkan oleh Wakil Ketua Kwarnas Marsekal Madya TNI Eris.

Setelah itu, Rita memberikan penghargaan secara simbolis kepada PNS berkinerja terbaik, koperasi terbaik dan pengawas sekolah, kepala sekolah, guru serta para pelajar berprestasi.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013