Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan berhasil mencapai 100 persen vaksinasi dosis pertama dari sasaran yang ditargetkan dengan kondisi terbaik saat ini, yaitu nol kasus COVID-19.

"Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, Tanah Bumbu per tanggal 26 Mei 2022, sudah 238.577 orang atau 100 persen dari target penerima vaksinasi dosis pertama," kata Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo di Batulicin, Sabtu.

Tri menyampaikan terima kasih kepada warga Tanah Bumbu atas partisipasinya mengikuti vaksinasi, sehingga target 100 persen dosis pertama yang diinginkan Presiden Joko Widodo sudah terpenuhi.

Apresiasi tinggi juga ditujukan Tri kepada seluruh petugas gabungan dan relawan kesehatan yang terlibat kegiatan vaksinasi selama ini tanpa pamrih demi terwujudnya kekebalan komunal di masyarakat.



Tri mengatakan instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto agar Polres dapat bergerak cepat menuntaskan vaksinasi 100 persen menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya.

"Kita buka gerai vaksin presisi siang malam dengan jemput bola melayani masyarakat. Begitu juga razia kartu vaksin digencarkan, termasuk pembagian undian hingga bonus minyak goreng bagi warga yang mengikuti vaksinasi," katanya.

Kini Polres Tanah Bumbu fokus melaksanakan akselerasi pelayanan vaksin untuk sasaran dosis kedua atau vaksinasi lengkap, karena angkanya saat ini baru 194.038 orang atau 81 persen.

Begitu juga dosis ketiga atau vaksin penguat, capaiannya relatif masih kecil, yakni 44.203 orang atau 18 persen, sehingga perlu kerja lebih keras untuk meningkatkannya.



"Mari pertahankan kondisi terbaik ini, tetap waspada akan penularan COVID-19. Meski presiden sudah mengambil kebijakan pelonggaran masker, kita tidak boleh euforia, tetap disiplin prokes pada waktu-waktu tertentu sebagaimana arahan pemerintah," ucap Tri.

Dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel, baru dua daerah yang sudah mencapai 100 persen vaksinasi dosis pertama. Selain Tanah Bumbu, ada Kabupaten Balangan, namun dengan sasaran jauh lebih kecil, bahkan capaian dosis keduanya hanya 78 persen.

Sedangkan untuk tingkat provinsi, dosis pertama mencapai 2.959.240 orang atau 93,61 persen. Sementara dosis kedua 2.344.881 orang atau 74,18 persen dari total target sasaran sebanyak 3.161.137 jiwa.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022