Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dinyatakan berstatus zona hijau COVID-19, setelah satu pasien positif yang menjalani perawatan dinyatakan sembuh, berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 provinsi setempat pada Jumat.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Jumat mengatakan Kabupaten Berau menyusul tiga wilayah Kaltim lainnya yang lebih awal berstatus nol kasus COVID-19, yakni Samarinda, Bontang dan Kutai Kartanegara.

Sementara, lanjut Andi, Kabupaten Mahakam Ulu yang lebih awal menuntaskan kasus virus corona di wilayahnya kembali berada di zona kuning, karena ditemukan satu pasien positif dan sedang menjalani perawatan.

"Jumlah keseluruhan masih empat wilayah yang berstatus zona hijau, yakni Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara dan ditambah Berau," kata Andi Muhammad Ishak.

Andi menambahkan enam wilayah Kaltim lainnya dalam status zona kuning, dengan jumlah pasien positif sebanyak 41 orang untuk seluruh wilayah di Kaltim.

Enam wilayah berstatus zona kuning tersebut adalah Balikpapan dengan jumlah pasien positif 15 orang, Kutai Timur 12 orang, Kutai Barat 11 orang, Mahakam Ulu 1 orang, Paser 1 orang, dan Penajam Paser Utara 1 orang.

" Untuk Paser, Penajam Paser Utara dan Mahakam Ulu sangat berpotensi menyusul ke zona hijau, karena hanya menyisakan satu pasien positif," kata Andi.

Andi mengingatkan terbitnya aturan baru terkait pelonggaran protokol kesehatan, khususnya masyarakat telah dibolehkan tidak menggunakan masker di tempat terbuka, tetap harus disikapi dengan bijak dengan tidak mengabaikan risiko penularan virus corona.

Sebab, lanjut Andi, temuan kasus baru terkait penularan virus masih saja terjadi dengan adanya kasus baru dalam setiap update kasus harian.

"Intinya masyarakat harus tetap waspada, dengan tetap menjaga kesehatan meskipun aktivitas pembatasan sudah lebih dilonggarkan," ucap Andi.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022