Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Tianur menyatakan sebanyak 30 klub bola voli siap tampil di Kejuaraan Bola Voli untuk memperebutkan Piala Gubernur Kaltim dan Komandan Korem (Danrem) 091/ASN (Aji Surya Natakesuma), sehingga dinas terkait pun siap menggelar laga tersebut pada awal Juni 2022.


"Peminatnya cukup banyak, sekitar 30 klub, sehingga pendaftaran sudah kami tutup. Kami bersyukur karena antusias para atlet voli sangat besar mengikuti laga mendatang," ujarnya di Samarinda, Selasa.

Kejuaraan yang akan digelar pada 1-7 Juni 2022 di Kompleks Gedung Olahraga Stadion Madya Sempaja Samarinda tersebut, katanya, disiapkan hadiah total senilai Rp88 juta.

Terdapat dua kategori yang dipertandingkan dalam Kejuaraan Piala Gubernur Kaltim dan Danrem 091/ASN ini, yakni kategori pelajar dan kategori umum, dengan masing-masing kategori terdapat dua kelas, yakni putra dan putri sehingga total ada empat kelas.

Ia menjelaskan bahwa kejuaraan ini merupakan yang pertama kali digelar pihaknya setelah adanya Pandemi COVID-19 dalam dua tahun ini, yakni kejuaraan serupa terakhir digelar pada September 2019.

Ia memaklumi jumlah peserta yang banyak karena dalam dua tahun terakhir ini memang tidak ada kejuaraan, sebagai dampak dari adanya wabah COVID-19.

Untuk kategori pelajar, lanjut Agus, kejuaraan ini juga merupakan bagian dari pihaknya dalam rangka persiapan seleksi Pra-Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2022, untuk menghadapi Popnas 2023 di Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.      

Ia berdoa agar kasus COVID-19 yang saat ini terus menurun, tidak ada lonjakan lagi sehingga kejuaraan bola voli tersebut bisa digelar dengan lancar, meski semua pihak harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kejuaraan mendatang kami terapkan sistem setengah kompetisi. Semua persiapan sudah matang, baik persiapan oleh panitia dari pihak kami maupun Korem 091/ASN, hingga lokasinya yang telah dipastikan," ujar Agus.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022