Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan tiba, hampir di semua wilayah di Kalimantan Timur bahkan seluruh Nusantara yang penduduknya mayoritas Muslim terdapat Pasar Ramadhan.

Begitu juga di ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegra (Kukar) Kaltim, Tenggarong, Pasar Ramadhan antara lain terdapat di  Jl S Parman, persis di depan kediaman Sultan HM Salehuddin II.

Berbagai jenis kuliner untuk berbuka puasa atau takjil mulai dari aneka kue, bermacam-macam minuman, sayur, serta lauk-pauk bisa ditemui di Pasar Ramadhan. Bahkan penjual mainan anak-anak pun memanfaatkan keramaian Pasar Ramadhan untuk menjajakan dagangannya.

Lokasi Pasar Ramadhan di depan kediaman Sultan Kutai yang buka mulai pukul 14.00 dan tutup usai Magrib itu ramai pengunjung.

Kepadatan pasar dadakan itu mulai terlihat sekitar pukul 16.00 wita hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Keberadaan Pasar Ramadhan memang banyak membantu masyarakat Tenggarong yang umumnya berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai swasta lainnya.

Betty, PNS bagian Humas dan Protokol Setkab Kukar merupakan salah satu pengunjung Pasar Ramadhan mengatakan cukup terbantu dengan pasar itu.

Karena kesibukannya sebagai PNS, Betty kadang tak sempat membuat hidangan berbuka puasa untuk keluarganya.

Demikian juga Rini, PNS Setkab Kukar itu mengaku hampir tiap hari berburu takjil di Pasar Ramadhan itu. Keberadaan pasar tersebut sangat membantu dirinya yag tak sempat membuat kudapan untuk berbuka puasa.

"Saya pulang kantor jam empat sore, ya... mana sempat bikin masakan macam-macam. Untung ada pasar ramadan ini," ujar Rini saat ditemui sedang berburu takjil di Pasar Ramadhan.

Alasan Rini kerap ke Pasar Ramadhan, menurutnya karena banyak pilihan takjil untuk berbuka puasa.

"Yang sering saya beli kue bingka kentang dan jenderal mabok, karena lembut dan manis," ungkapnya.

Pemain Mitra Kukar Zulham Zamrun juga terlihat sedang berburu takjil di Pasar Ramadhan tersebut.

"Ini beli kue-kue dan jus," ujar Winger Naga Mekes tersebut saat ditemui sedang berburu takjil.

Harga beragam kuliner di pasar ramadan Jl S Parman pun bermacam-macam. Misalnya Sayur, dijual mulai Rp5 ribu hingga Rp15 ribu perporsinya tergantung bahan-bahan sayur tersebut.  

Untuk lauk juga mulai Rp5 ribu hingga Rp20 ribu, sedangkan untuk minuman dan kue rata-rata bisa didapatkan mulai dengan harga Rp5 ribu.

Jadi, silahkan memilih panganan favorit keluarga anda karena semuanya ada di Pasar Ramadhan dengan harga yang bervariasi. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013