Pergerakan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terpantau relatif aman dan lancar, kata Kepala Dinas Perhubungan Penajam Paser Utara Ahmad.

"Kami pantau pergerakan arus balik di sepanjang jalur darat maupun laut di wilayah Penajam Paser Utara," ujar Ahmad di Penajam, Sabtu.

"Sebelum dan sesudah Lebaran kendaraan ramai karena wilayah Penajam Paser Utara merupakan bagian lintas Kalimantan yang dilalui saat mudik maupun balik," tambahnya.

Arus balik jalur darat mulai ramai menurut dia, baik yang menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat.

Berdasarkan pantauan arus balik di wilayah Penajam Paser Utara didominasi kendaraan roda dua lanjut dia, dan diperkirakan arus balik Lebaran cukup tinggi hingga Minggu (8/5).

Petugas Dinas Perhubungan secara bergantian dengan personel Satuan Polisi Lalu Lintas Kepolisian Resor atau Satlantas Polres Penajam Paser Utara melakukan patroli secara bergantian untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Terminal Penajam, Pelabuhan Klotok (kapal kayu), kapal cepat (speedboat) dan Pelabuhan Penyeberangan Feri Kabupaten Penajam Paser Utara juga mulai dibanjiri penumpang arus balik sejak Jumat (6/5) sore.

Diprediksi penumpang arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah tersebut akan berlangsung hingga Minggu (8/5) atau hari terakhir libur Lebaran.

Berdasarkan laporan petugas jelas dia, arus balik tersebut didominasi dari arah Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Kota Balikpapan.

"Dari pemantauan di setiap posko, arus balik jalur darat maupun jalur laut di wilayah Penajam Paser Utara relatif aman dan lancar," kata Ahmad.

Selain petugas keamanan, selama arus mudik dan balik di Pos Terpadu Lebaran 2022 di Kabupaten Penajam Paser Utara juga dilengkapi obat-obatan dan tenaga medis.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022