Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal menyebutkan bahwa Desa Pela di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) masuk dalam 50 besar sebagai Desa Wisata terbaik di Indonesia.
 

“Desa Pela, pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dinyatakan masuk  peringkat 50 besar, dari  3.416 peserta Desa Wisata dari 34 Provinsi di Indonesia,” katanya di Samarinda, Kamis.

Dia mengatakan, pengumuman tersebut  disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno via channel YouTube, pada Rabu, 27 April 2022.

Lanjutnya, setelah penetapan 50 besar,  nanti akan dilakukan visitasi ke seluruh desa wisata yang sudah ditetapkan oleh tim juri ADWI 2022 untuk dilakukan penilaian. Kemudian dilakukan penetapan   pemenang pada tujuh kategori penilaian.

Ketujuh kategori tersebut adalah aspek daya tarik wisata, aspek CHSE, konten digital dan kreatif, toilet umum, homestay, souvenir, dan kelembagaan.

"Tujuh kriteria itu akan dinilai langsung oleh tim juri serta pengamatan di lapangan, jadi sekarang tugas berat menanti para pengelola. Pemprov Kaltim melalui Dinas Pariwisata  tidak tinggal diam akan bersinergi mendukung dan melengkapi kekurangan yang ada," jelas Faisal.

Sementara  Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Irvan Rivai menjelaskan bahwa sebelumnya di peringkat 100 besar , ada tiga desa yang berhasil masuk.

Tiga desa  tersebut  adalah Desa Pela di Kukar,  Desa Wisata Malahing di Bontang dan Desa Teluk Harapan di Kabupaten Berau. Pada penilaian berikutnya Desa Pela yang berhasil masuk 50 besar.

Ia mengemukakan, sebelumnya pada tahun 2021 Desa Pela hanya berhasil masuk di 100 besar di ajang ADWI. Tapi pada tahun 2022 Desa Wisata Pela  lebih baik lagi masuk dalam 50 besar.

“Ada peningkatan lebih baik buat Desa Pela, maupun dua desa lainnya berhasil masuk 100 besar,” ujar Irvan.(ADV/Diskominfo)

 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022