Nunukan (ANTARA Kaltim) - Sebuah mobil truk pengangkut bahan bakar minyak tercebur masuk ke laut di Pelabuhan Domestik Tunon Taka Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Informasi yang dihimpun di tempat kejadian perkara (TKP), Jumat, menyebutkan, mobil truk dengan nomor polisi KT 8686 S sedang menunggu giliran untuk mengisi BBM dari kapal tanker tersebut tiba-tiba dibunyikan seseorang dan akhirnya langsung terjun ke laut dengan kedalaman sekitar 10 meter, Kamis (18/7) sekitar pukul 15.30 Wita.

Sumber tersebut menambahkan, mobil truk yang akan memuat tangki berkapasitas 5.000 liter milik Agen Premium, Minyak dan Solar (APMS) PT Rapti Indah Jaya Jalan TVRI Kabupaten Nunukan itu masih dalam keadaan kosong.

"Mobil ini sementara menunggu giliran untuk mengisi BBM dari kapal tanker, tiba-tiba dibunyikan oleh seseorang dan langsung masuk ke laut," ujar sumber tersebut.

Pengelola APMS PT Rapti Indah Jaya, Arlex mengakui, mobil truk yang tenggelam itu adalah kendaraan operasional BBM yang dimiliki.

Ia mengatakan, untuk mengangkat mobil truk tersebut diperlukan kendaraan alat berat derek yang dibantu dua prajurit penyelam dari TNI AL.

Arlex menyatakan, mobil truk berhasil selamatkan dan diangkat naik ke dermaga pelabuhan sekitar pukul 23.00 Wita tanpa mengalami kerusakan apa-apa kecuali kemungkinan mesin yang terganggu akibat air laut.

Selama pencarian berlangsung sejak pukul 16.00 Wita, pengisian mobil tangki BBM sempat terhenti karena ratusan warga setempat memusatkan perhatian ke TKP.

Bahkan beberapa kali pengangkatan sempat bermasalah karena kurangnya peralatan yang dimiliki, ujar Arlex.   (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013