Desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dijadikan kampung budi daya ikan patin untuk memenuhi kebutuhan pangan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Trasodiharto di Penajam, Senin, mengatakan kampung budi daya ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sektor perikanan.

"Desa Sebakung Jaya direncanakan sebagai kampung budi daya ikan patin," ujarnya.

Menurut dia, kebutuhan ikan bakal semakin meningkat setelah pemindahan IKN ke sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Oleh karena itu, ia menyakini kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi daerah penyangga IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut.

Salah satu alasannya adalah kondisi tanah dan air di wilayah Desa Sebakung Jaya tersebut dinilai cocok untuk pengembangan budi daya ikan air tawar jenis ikan patin.

Selain itu, masyarakat Desa Sebakung Jaya, yang sebagian besar sudah memiliki kolam, juga memiliki keinginan yang besar untuk melakukan budi daya ikan air tawar, khususnya ikan patin.

"Sumber pendanaan bisa melalui anggaran kabupaten, atau ajukan bantuan kepada pemerintah provinsi, pemerintah pusat maupun pihak ketiga," ucapnya.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022