Nunukan (ANTARA Kaltim) - Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran (DKPPK) Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dalam waktu dekat ini akan membangun pos pemadam kebakaran di Kecamatan Sebatik Barat dan Tulin Onsoi.

Rencana ini disampaikan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran DKPPK Kabupaten Nunukan, Hartono di Nunukan, Rabu, bahwa pembangunan pos pada dua kecamatan itu akan segera direalisasikan.

Pembangunan pos pemadam kebakaran ini dinilai Hartono, sudah sangat mendesak mengingat pada kedua kecamatan ini sangat jauh jangkauannya dari pos yang telah ada.

"Kemungkinan besar sudah bisa kita realisasikan tahun ini juga," ujar dia.

Hartono menegaskan jika kedua pos ini telah terbangun, maka akan segera menempatkan petugas bersama peralatan pemadam kebakaran yang dibutuhkan.

Keberadaan pos pemadam kebakaran pada kedua kecamatan ini nantinya diharapkan dapat mengakses segala kemungkinan terjadinya bahaya kebakaran terhadap pemukiman penduduk sekitarnya, katanya.

Selanjutnya dia mengemukakan bahwa pos pemadam kebakaran pada kedua kecamatan akan dibangun di sekitar pemukiman padat dan tersedia air yang memadai untuk mengsuplai jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

"Sesuai pengalaman sebelumnya titik rawan terjadinya kebakaran itu biasanya di pemukiman padat penduduk. Walaupun tidak tertutup kemungkinan juga dapat terjadi ditempat lainnya," kata Hartono.

Ia menjelaskan, pentingnya pembangunan pos pemadama kebakaran di Kecamatan Sebatik Barat karena sangat jauh dari Kantor pemadam kebakaran yang berada di Sei Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur.

Sedangkan di Kecamatan Tulin Onsoi, kata dia, demikian juga kondisi dimana Kantor Pemadam Kebakaran terdekat hanya berada di Kecamatan Sembakung. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013