Sejak dibuka pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad), Komando Distrik Militer (Kodim) 0904 Paser  hingga saat ini telah menerima pendaftar sebanyak 28 orang. 


"Data siang ini, jumlah pendaftar Komcad  sebanyak 28 orang," kata Dandim 0904 Paser  Letkol ( Inf ) Ronald Wahyudi melalui Pasi Ops Letda (Inf) Tabri, di Makodim , Kamis (24/3). 

Ia mengatakan, Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI).

Tabri menjelaskan, setiap Kodim diberi kuota sebanyak 30 orang untuk menerima pendaftar  sebagai anggota Komcad, termasuk KOdim 0904 Paser.

Menurutnya, pendaftaran anggota Komcad ini terbuka untuk umum bahkan bagi Pegawai Negeri Sipil atau ASN maupun pegawai swasta atau masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan bisa mendaftar dengan batasan umur maksimal 35 tahun. 

"Bagi peserta dari instansi pemerintah maupun swasta harus mendapat izin dari atasan atau pimpinan instansi. Karena mereka akan kembali ke instansi asal setelah selesai mengikuti pendidikan," katanya. 

Adapun waktu pendidikan selama tiga bulan, anggota Komcad akan menjalani pendidikan dasar militer seperti latihan fisik, bela diri, hingga latihan menembak dengan amunisi atau peluru tajam.

"Selama pendidikan seluruh biaya, makan, penginapan ditanggung pemerintah, bahkan diberi uang saku," ujarnya.

Lanjutnya, setelah tiga bulan menjalani pendidikan, peserta Komcad kembali ke masyarakat atau bekerja kembali di kantor asalnya. Mereka harus siap sewaktu-waktu  dipanggil  ketika negara membutuhkan  tambahan personil  untuk sebuah operasi militer. 

Komcad layaknya anggota TNI, memiliki atribut seperti seragam, kepangkatan dan dibekali senjata. Namun atribut  tersebut itu tidak diperkenankan disimpan masing-masing anggota Komcad , melainkan dititipkan di Kodim setempat. 

"Mereka juga dapat seragam, ada pangkatnya, bedanya baju kami ada tulisan TNI, mereka tertulis Komcad. Mereka juga pegang senjata, ada nomor senjatanya.  Semua atribut dan senjata disimpan di Kodim," terangnya.

Tabri menjelaskan, seleksi Komcad akan dimulai pada 8 Mei 2022 di Markas Korem di Samarinda. Sementara pendidikannya dilakukan di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Mulawarman di Kalimantan Selatan.

"Paling lambat pendaftaran di Kodim Paser tanggal 4 Mei," tegasnya.

Sugimin (34) salah satu pendaftar Komcad di Kodim 0904 Paser mengatakan motivasinya mendaftar Komcad, karena sejak kecil memang bercita-cita  menjadi tentara. Namun cita-cita pria yang sehari-harinya  bekerja sebagai petani sawit itu gagal karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi.

Dwi (22) warga Modang Kecamatan Kuaro juga menyampaikan alasannya mengikuti Komcad karena dia bercita-cita jadi anggota TNI tapi gagal lolos seleksi.
 
"Tahun kemarin saya ikut seleksi bintara TNI tapi gagal di persyaratan administrasi," katanya. 

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022