Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser membuka pendaftaran untuk mengikuti lomba pemilihan putri pariwisata dan duta wisata tahun 2022. 


"Pemilihan putri pariwisata dan duta wisata ini dimaksudkan untuk melibatkan generasi muda dalam mempromosikan pariwisata daerah," kata Kepala Disporapar Kabupaten Paser Muksin di Tanah Grogot, Kamis (17/3). 

Menurut Muksin, dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata, putri pariwisata dan duta wisata selalu dilibatkan. Adapun tugas mereka mempromosikan pariwisata daerah kepada masyarakat luas. 

Muksin menilai promosi objek pariwisata perlu melibatkan banyak pihak mengingat Kabupaten Paser memiliki banyak potensi wisata terutama wisata alam yang perlu diketahui masyarakat.

Dikemukakannya tugas putri pariwisata dan duta wisata  adalah menyampaikan kepada masyarakat tentang semua potensi pariwisata Kabupaten Paser. Bagi mereka yang terpilih di tingkat kabupaten, akan dilikutkan lomba pemilihan putri dan duta wisata tingkat Provinsi Kaltim.

Sementara Kabid Pengembangan Kepariwisataan Disporapar Paser Arya Widhiyasa mengatakan terkait penjaringan putri pariwisata dan duta wisata, saat ini pihaknya masih menyosialisasikan ke sekolah-sekolah dan kecamatan.

"Kami sosialisasikan ke sekolah-sekolah dan kecamatan untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat," katanya.

Arya menyebutkan pendaftaran peserta yang semula ditetapkan pada April ini harus diperpanjang dikarenakan tahapan sosialisasi dinilai belum maksimal. Hal itu dikarenakan sebagian besar pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19.

"Pendaftaran pun kami perpanjang sampai 20 Mei 2022, sedangkan pelaksanaannya Juni 2022," ucapnya.

Dia menjelaskan pemilihan putri pariwisata dan duta wisata dibuka untuk umum dengan catatan masih berusia 17 - 24 tahun. 

Kemudian persyaratan lain, tentunya peserta harus sehat jasmani. Selanjutnya tidak terlibat dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (narkoba) terlarang, yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba.

Lanjutnya untuk peserta putri dipersyaratkan  tinggi badan minimal 155 centimeter dan untuk putra tingginya minimal 165 centimeter.

Arya menambahkan persyaratan pendaftaran diiutamakan belum menikah dan harus memiliki kefasihan dalam berbahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya serta memiliki bakat menarik.

"Juga harus bisa bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya. Serta memiliki bakat menarik," tutupnya.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022