Nunukan (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memiliki catatan bahwa Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara telah menorehkan sejumlah prestasi di bidang kebudayaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur Prof Dr HM Aswin MM pada pembukaan Festival Nunukan Gemilang 2013 di Nunukan, Jumat malam (21/6), mengatakan berdasarkan catatan Pemprov Kaltim, Kabupaten Nunukan yang kini masuk wilayah Provinsi Kalimantan Utara telah berhasil meraih sejumlah prestasi dalam bidang budaya baik lokal, nasional maupun internasional.

Untuk itu, dia meminta Pemkab Nunukan untuk terus meningkatkan prestasi tersebut melalui berbagai kegiatan budaya seperti kreasi tari pesisir dan pedalaman yang merupakan tunas persatuan dalam keberagaman.

Aswin berpesan agar prestasi yang telah berhasil diraih tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi dengan seringkali mengikuti even-even yang bertaraf lebih tinggi.

Bahkan dia menyinggung bahwa ke depannya setelah Provinsi Kalimantan Utara memiliki pemerintahan definitif Kabupaten Nunukan dapat menjadi ikon budaya.

Ia mengharapkan dengan keberagaman budaya yang dimiliki dapat menjadikan daerah pelopor seni budaya di Kalimantan Utara dan secara tidak langsung dapat memajukan pariwisata.

Menurutnya, budaya merupakan salah satu penarik wisatawan baik mancanegara maupun nusantara sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan daerah itu sendiri.

Ia mengungkapkan dengan berhasilnya meraih sejumlah prestasi gemilang pada bidang budaya selama ini, maka Kabupaten Nunukan sangat diperhitungkan bagi daerah lainnya di bagian utara Pulau Kalimantan.

Salah satu di antara prestasi yang diraih adalah keberhasilan mendapatkan juara pada festival budaya di Kota Kinabalu dan Tawau Malaysia serta sejumlah kegiatan bertaraf nasional. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013