Samarinda (ANTARA Kaltim) - PDI Perjuangan mengajukan Ketua DPRD Kota Samarinda Siswadi sebagai calon wakil gubernur Kalimantan Timur mendampingi Farid Wadjdy sebagai calon gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kaltim 2013.

Sebelumnya, PDIP bersama PPP telah mendaftarkan Farid Wadjdy yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Kaltim dan Sofyan Alex, sebelumnya menjabat Ketua DPD PDIP Kaltim, sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD PDIP) Kaltim, Dody Rondonuwu, yang dihubungi dari Samarinda, Kamis, menyatakan pengajuan nama Siswadi sebagai calon wakil gubernur yang akan mendampingi Farid Wadjdy itu berdasarkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat PDIP.

"Kemarin (Rabu) kami baru mendapat rekomendasi dari DPP terkait nama yang diusung PDIP pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim untuk periode jabatan 2013-2018. Nama yang diusung berdasarkan rekomendasi itu adalah Siswadi dan telah kami sampaikan ke KPU Kaltim," ungkap Dody Rondonuwu.

Namun Dody Rondonuwu menegaskan, pengajuan nama Siswadi yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Samarinda itu bukan menggantikan Sofyan Alex yang sebelumnya telah didaftarkan di KPU bersama Farid Wadjdy.

"Jadi, ini bukan penggatian sebab Sofyan Alex tidak pernah mendapat rekomendasi dari DPP dan yang direkomendasikan itu adalah Siswadi," kata Dody Rondonuwu.

Saat ini, proses pengajuan nama Siswadi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPRD Samarinda itu lanjut Dody Rondonuwu tengah diproses di KPU Kaltim.

"Kami juga masih terus melakukan komunikasi politik dengan PPP terkait pengajuan nama Siswadi sebagai calon wakil gubernur yang akan mendampingi Farid Wadjdy," kata Dody Rondonuwu.

Kisruh di tubuh partai berlambang banteng bermoncong putih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim itu bermula saat nama Sopyan Alex diajukan sebagai calon wakil gubernur mendampingi Farid Wadjdy yang diusung PDIP dan PPP.

Kemudian, pada Senin (27/5/2013) DPD PDIP dan PPP mendaftarkan pasangan Farid Wadjdy-Sofyan Alex ke KPU Kaltim.

Namun, pada 28 Mei 2013 berdasarkan surat DPP PDI Perjuangan dengan Nomor : 1884/EX/DPPN/2013 tangal 28 Mei 2013, perihal pemberitahuan dan penjelasan, PDIP kemudian menarik dukungan atau mencabut pendaftaran Sofyan Alex sebagai calon wakil gubernur.

Dalam surat itu juga disampaikan dibebastugaskannya Sofyan Alex sebagai Ketua DPD PDIP dan Edy Kurniawan juga dibebastugaskan dari jabatan sebagai Sekretaris DPD PDIP Kaltim.

DPP PDIP kemudian menujuk Dody Ronndonuwu sebagai Plh Ketua DPD PDIP dan Marthen Apuy sebagai Sekretaris DPD PDIP Kaltim. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013