Dalam dua pekan terakhir terjadi kelangkaan atau tidak adanya minyak goreng di sejumlah pasar tradisional di Kota Samarinda baik di agen maupun dijual eceran, salah satunya di Pasar Segiri. 
 

Kepala UPTD Pasar Segiri Samarinda Fatan Ibrahim Malik mengatakan sekitar dua minggu terakhir memang minyak goreng di agen dan eceran masih kosong.

"Biasanya ini tempat minyak goreng terisi, tapi sampai sekarang tidak ada kiriman minyak goreng," katanya di Samarinda, Minggu (6/3/2022).

Ia menjelaskan, para agen yang biasa menyuplai minyak goreng ke pedagang eceran sudah lama tidak menyuplai sehingga para pedagang hanya bisa menunggu.

"Kalau permintaan dari pengecer ke agen banyak, tapi dikasih terbatas, makanya tidak  mencukupi," tuturnya.

 Ibrahim menyebutkan harga minyak goreng yang dijual para pedagang di Pasar Segiri semua sama  harganya yaitu Rp14.000 per liter.

Sementara Novia  salah satu pedagang eceran di Pasar Segiri, mengaku minyak goreng memang sudah langka di semua tempat sejak dua bulan lalu.

"Dari agen tidak ada stok, kita tidak mendapat kiriman. Kemarin sempat ada masuk kiriman sebanyak 50 dos, namun dalam  waktu dua hari saja sudah habis terjual," ungkapnya.

Menurutnya dalam dua bulan terakhir hanya menerima dua kali pasokan minyak goreng dari agen.

"Kita hanya bisa menunggu kiriman  dari penyuplai  minyak goreng, karena barangnya memang tidak ada atau langka," ucapnya.

Novia mengaku hampir setiap hari mendapat permintaan minyak goreng dari pelanggan yang datang ke toko nya.

"Hampir tiap hari rata-rata pelanggan datang hanya untuk menanyakan ketersediaan minyak goreng," katanya.

Dikemukakannya  sejak terjadinya kelangkaan minyak goreng , para pedagang eceran tidak lagi mengambil atau meminta, melainkan memang sudah dijatah dari para agen pemasok minyak goreng.

"Berapa dikasih kita terima, bukan dari permintaan kita tapi tergantung stok dari supplier," tutupnya.
 

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022