Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kaltim malalui instansi terkait siap menjadi tuan rumah yang baik setelah Kemendikbud mempercayakan kepada provinsi ini sebagai penyelenggara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada 29 Juni hingga 6 Juli 2013.

"Kami sudah dipercaya menjadi tuan rumah, maka kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik, yakni kami harus berupaya menjadi tuan rumah yang baik dan menyukseskan olimpiade siswa tingkat nasional ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Jumat.

Musyahrim yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA ini melanjutkan, berbagai hal yang telah dilakukan agar acara tersebut sukses, di antaranya telah menetapkan venues tempat bertanding, hotel, dan kendaraan yang akan digunakan oleh peserta, ofisial, maupun pendamping.

Jumlah peserta atau atlet dari pelajar seluruh Indonesia yang akan bertanding di dua kota di Kaltim, yakni di Balikpapan dan Samarinda sebanyak 3.957 pelajar, sedangkan jika ditotal dengan pelatih, pendamping, ofisial, dan para juri, jumlahnya mencapai sekitar 7.200 orang.

Dalam olimpiade ini terdapat 11 cabang olahraga (cabor) untuk jenjang SD, tujuh cabor di jenjang SMP, lima cabor pada jenjang SMA dan SMK, dan masing-masing tiga cabor pada jenjang PKLK Dikdas dan PKLK Dikmen.

Beberapa cabor seperti renang dan atletik akan digelar di Samarinda, sedangkan untuk jenjang SD, semua cabor digelar di Balikpapan karena untuk renang, atletik, dan bola voli, masih untuk pertandingan usia dini sehingga lapangan maupun lintasannya masih standar.

Terkait dengan persiapan hotel, venues dan penjemputan itu, semua sudah matang sehingga para peserta tidak perlu repot memikirkannya, karena hal itu sudah menjadi tugas panitia yang sudah diberi wewenang masing-masing.

Misalnya untuk jenjang SD, semua cabora atletik yang berjumlah 132 siswa akan menginap di Hotel Benakutai Balikpapan, kemudian tempat pertandingannya di Lapangan Sudirman, sedangkan nama sopir yang siap antar jemput mereka ada tiga orang plus nomer ponsel setiap sopir.

Untuk atletik jenjang SMP juga tedapat 132 peserta. Mereka akan menginap di Hotel Atlet Samarinda. Tempat pertandingan atletik juga berada di satu komplek dengan hotel itu, yakni di Stadion Madya Sempaja.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013