Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menunggu rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk kembali mengaktifkan pejabat yang sempat kehilangan jabatan atau nonjob.

Pelaksana Tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa di Penajam, Sabtu mengatakan, menunggu rekomendasi Kemendagri untuk melantik 14 pejabat nonjob kembali bertugas.

Dengan adanya 14 pejabat yang kehilangan jabatannya tersebut membuat jabatan yang pernah ditempati pejabat bersangkutan menjadi kosong.

Untuk pengisian kekosongan jabatan itu menurut dia, tidak perlu melakukan lelang jabatan terbuka (open bidding).

"Tidak perlu lelang jabatan, tinggal menunggu rekomendasi Kemendagri untuk mengisi jabatan yang kosong itu," ucapnya.

Usulan pengaktifan kembali 14 pejabat yang kehilangan jabatannya tersebut lanjut ia, telah diusulkan kepada Gubernur Kalimantan Timur.

Kemudian Gubernur Kalimantan Timur akan menyampaikan usulan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu kepada Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN.

Selanjutnya bakal diserahkan kepada Kemendagri jelas dia dan Kemendagri mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah kabupaten untuk melaksanakan pelantikan.

Hamdam Pongrewa mengajak ASN (aparatur sipil negara) agar bekerja profesional dan produktif untuk kemajuan Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Tidak ada lagi ASN yang nonjob, pemerintah kabupaten tinggal mengatur penempatan pejabat yang kehilangan jabatan berdasarkan kompetensi," tegasnya.

"Kami akan dudukan semua dengan proporsional, tunjukkan kinerja rekan-rekan PNS (pegawai negeri sipil) yang akan menjadi penilaian," kata dia.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022