Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Zain Taufik Nurrohman berharap Pemerintah Provinsi (Kaltim) maupun daerah kabupatan/kota meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, pedalaman dan perbatasan sebagai wujud pemerataan kualitas kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Dituturkannya, lembaga-lembaga kesehatan di Kaltim bisa diarahkan menempatkan tenaga medisnya hingga ke  daerah-daerah yang selama ini kurang tersentuh. Seperti di daerah perbatasan, pedalaman dan daerah terluar Kaltim.

"Kita 'kan punya lembaga kesehatan seperti kebidanan dan keperawatan. Nah, bisa dimanfaatkan dengan menempatkan tenaga medis lembaga tersebut hingga menyentuh ke masyarakat yang terisolasi," ujarnya.

Sebab, sebut Zain, masyarakat yang berada di pedalaman selama ini jarang tersentuh pelayanan akibat minimnya paramedis dan dokter.

Memenuhi itu, pemerintah harus menyediakan anggaran insentif para tenaga medis tersebut. Tidak hanya itu, anggaran subsidi obat-obatan dan perbaikan atau melengkapi fasilitas seperti puskesmas dengan layanan rawat inap.

Selain itu, akses jalan menuju tempat pelayanan kesehatan juga perlu dibenahi. Karena ini adalah salah satu faktor penting untuk memudahkan tenaga medis yang bertugas maupun masyarakat yang membutuh pelayanan kesehatan menuju puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan yang dituju.

"Selain pelayanan kesehatannya, sarana dan prasana yang menunjang juga dibutuhkan," ujarnya. (Humas DPRD Kaltim/lin/dhi/met)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013