Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 400 ekor bibit ternak berupa sapi dan kerbau hasil kerja sama Kementerian Pertanian dan Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, siap didistribusikan kepada 11 kelompok tani ternak di Kabupaten Berau agar populasinya meningkat.

"Pendistribusian bibit ternak ini kami lakukan karena pemerintah pusat bersama pemerintah daerah di Kaltim, telah sepakat untuk mewujudkan swasembada daging sapi dan kerbau di tahun-tahun mendatang," ujar Sekretaris Dinas Peternakan Kaltim Woro Triani di Samarinda, Selasa.

Rincian dari 11 kelompok ternak yang siap menerima bibit tersebut adalah Kelompok Ternak Maju Bersama, Kampung Semurut, Kecamatan Tabalar. Para peternak yang tergabung dalam kelompok ini segera mendapat bantuan sebanyak 36 sapi bibit.

Kedua adalah Kelompok Ternak Maju Bersama di Kampung Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung yang juga siap menerima 36 bibit sapi/kerbau.

Penerima ketiga adalah Kelompok Ternak Bakawal di Kampung Batu-batu, Kecamatan Gunung Tabur. Para peternak dalam kelompok itu segera mendapat bantuan sebanyak 36 ekor bibit.

Woro yang didampingi Kepala Bidang Perbibitan dan Budidaya ini melanjutkan, penerima berikutnya adalah Kelompok Ternak Tunggal jaya di Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung yang juga akan menerima 36 ekor.

Kelompok kelima adalah Kelompok Ternak Gudang Sejahtera di Desa Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung yang juga siap didistribusikan 36 ekor bibit sapi/kerbau.

Selanjutnya adalah Kelompok Ternak Suara Makmur di Desa Suaran, Kecamatan Sambaliung. Kelompok ini akan menerima 36 bibit sapid an kerbau.

Berikutnya adalah Kelompok Tani Karya Tani di Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur yang siap menerima sebanyak 40 ekor bibit sapi dan kerbau.

Kemudian Kelompok Tani Bina Baru di Kampung Harapan Maju, Kecamatan Tabalar yang akan menerima 36 bibit ternak.

Penerima ke sembilan adalah Kelompok Ternak Pabe Ketawai di Kampung Batu Rajang, Kecamatan Segah yang siap menerima sebanyak 36 ekor sapi.

Selanjutnya Kelompok Ternak Jaya Makmur di Kampung Harapan Jaya, Kecamatan Segah. Kelompok ini akan menerima 36 bibit sapi mapun kerbau.

Kelompok terkahir atau yang ke- 11 adalah Kelompok Ternak Sahabat Tani di Desa Teluk Sulaiman, Kecamatan Biduk-biduk. Kelompok ini siap menampung sebanyak 36 ekor sapi bibit. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013