Samarinda (ANTARA Kaltim) - Provinsi Kalimantan Timur meraih juara pada tiga kategori lomba yang diadakakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 28 hingga 31 Mei  2013 di Hotel Horizon Bekasi  Provinsi Jawa Barat.

“Perwakilan Kaltim meraih  juara pertama ditiga kategori lomba yakni pada lomba   Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana  (PLKB/ PKB), lomba KB Lestari  15 tahun dan 20 tahun,” kata Kasubid  hubungan antar lembaga dan lini lapangan Perwakilan BKKBN Kaltim, Sitti Mayasari Hamzah di Samarinda, Selasa (4/6).

Ia mengatakan peraih juara  lomba PLKB/PKB atas nama Ibu Yuyun Ratmawati asal Kota Balikpapan, kemudian juara lomba KB Lestari  untuk 15 tahun diraih pasangan Bapak Teguh dan Ibu Sasi asal Kota Samarinda. Selanjutnya untuk kategori KB Lestari 20 tahun di raih pasangan Bapak Soufian dan Ibu Isa .S  dari Kota Balikpapan.

Mayasari menjelaskan sebelum mengikuti lomba tingkat nasional dilakukan seleksi  dimasing-masing  Kabupaten /kota ,  kemudian para juara  mengikuti lomba tingkat Provinsi Kaltim, setelah itu di ikutkan lomba tingkat nasional bersaing dengan 33 provinsi lainnya di Indonesia.  
 
Menurutnya kegiatan lomba seperti itu rutin dilakukan BKKBN setiap tahunnya, dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas). Pada tahun  2013 ini  merupakan peringatan Harganas  ke XX yang dipusatkan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Kendari) puncaknya  pada 29 Juni 2013.

“Kegiatan lomba-lomba itu merupakan bentuk apresiasi BKKBN terhadap masyarakat yang dinilai berjasa dalam mendukung sukses program Kependudukan dan keluarga Berencana (KKB),” kata Mayasari.

Dikemukakannya bahwa semenjak  otonomi daerah, PLKB/PKB merupakan pegawai pemerintahan ditingkat desa atau kelurahan  yang bertugas melaksanakan, mengelola dan menggerakkan  serta menggalang kemitraan untuk pelaksanaaan program Keluarga Berencana di daerahnya.

Mayasari  mengungkapkan dari beberapa lomba tersebut hanya lomba kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) kaltim tidak meraih juara. Selain itu juga dirinya sebagai pendamping yang dilombakan pada tahun ini berhasil  meraih juara dan mendapatkan piagam dan hadiah. (*)

Pewarta: Rachmad

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013