Nunukan (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara berencana membangun pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berkapasitas tiga megawatt di Kecamatan Sebuku.

PLTD ini akan mengaliri tiga kecamatan di sekitarnya yakni Kecamatan Sembakung, Tulin Onsoi dan Kecamatan Sebuku sendiri, kata Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Nunukan, Yosua Batara Payangan di Nunukan, Rabu.

Sebenarnya, kata dia, sejak beberapa tahun lalu telah mengadakan PLTD untuk masyarakat di Kecamatan Sembakung dan satu pembangkit lagi di Desa Pembeliangan Kecamatan Sebuku yang baru diresmikan pemakaiannya 13 Mei 2013 tetapi pembangkit tersebut tidak bisa disambungkan ke wilayahnya lainnya karena daya yang dimiliki sangat kecil.

"Pemkab Nunukan sudah memprogramkan melalui APBD untuk pembangunan PLTD berkapasitas besar untuk mengaliri listrik masyarakat di tiga kecamatan," ujarnya.

Pembangunan pembangkit ini, kata Yosua untuk mengatasi krisis listrik di wilayah tersebut dan juga akan dibangun segala fasilitas yang dibutuhkan termasuk jaringannya.

Rencana itu, telah dikoordinasikan dengan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara sebagai integrasi dari tiga kecamatan yang akan dialiri termasuk Desa Sekikilan, SP1, SP2 dan SP3.

"Pembangkit listrik itu nantinya akan dibangun di Sebuku karena kecamatan ini berada di tengah-tengah dari ketiga kecamatan yang dialiri tersebut," sebut Yosua.

PLTD tersebut berkapasitas 3 megawatt, dan PT PLN telah membangun jaringannya mulai dari Desa Atap Kecamatan Sembakung menuju Kecamatan Sebuku sepanjang 27,5 kilometer.

Sementara untuk Pemkab Nunukan akan menanggung pembangunan jaringannya dari Desa Pembeliangan menuju Desa Atap sepanjang lima kilometer, kata dia. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013