Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda, Kaltim menyerahkan bantuan perlengkapan kesehatan untuk relawan ambulance berupa baju hazmat, masker medis, sarung tangan lateks, kacamata google safety, dan sepatu karet.


"Para relawan ambulance merupakan mitra BPBD, sehingga keperluan mereka berusaha kita bantu agar dapat melaksanakan tugas dengan aman," ujar Plh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Samarinda M Iskandar saat penyerahan bantuan tersebut di Samarinda, Selasa.

Saat ini pihaknya hanya mampu membantu perlengkapan kesehatan dan pengamanan sesuai kemampuan, minimal untuk membantu dalam proteksi diri, jangan sampai niat membantu justru menjadi korban, misalnya tertular penyakit.

Jumlah perlengkapan yang diserahkan hari ini adalah baju hazmat sebanyak tiga dus atau 120 lembar, masker medis 40 kotak atau 2.000 lembar, 160 kotak sarung tangan lateks, 31 buah kacamata google safety, dan 31 pasang sepatu karet.

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan Iskandar kepada Joko Iswanto, selaku Koordinator Emergency Medical Team (EMT) Samarinda yang juga Ketua Info Taruna Samarinda (ITS).

Dari Joko Iswanto kemudian didistribusikan kepada semua relawan ambulance. Saat ini, ujarnya anggota EMT-ITS berjumlah 31 tim yang tersebar di berbagai kecamatan di Kota Samarinda.

Selama ini, lanjutnya, relawan di EMT-ITS Samarinda dalam menjalankan tugas kemanusiaan menggunakan perlengkapan seadanya, namun mereka pantang surut membantu warga yang memerlukan bantuan.

"Perlengkapan yang dimiliki relawan sangat terbatas, sedangkan untuk pengadaan perlengkapan terkendala karena keterbatasan keuangan relawan. Kami dari EMT-ITS kemudian memohon ke BPBD Samarinda, Alhamdulillah hari ini terealisasi," ucapnya.

Ia juga berpesan kepada relawan, dalam menjalankan tugas harus selalu melindungi diri karena terkadang ada yang tidak jujur dengan apa sakitnya, sehingga kawan-kawan relawan harus membentengi diri dengan peralatan.

Untuk itu relawan diimbau minimal menggunakan masker dan sarung tangan, setelah dipakai harus dibuang, jika selesai pengantaran pasien diusahakan kembali ke posko untuk mandi dan ganti baju.

Adapun relawan ambulance yang secara simbolis menerima bantuan dalam seremonial itu adalah Relawan Ambulance PWI Kaltim Peduli yang diterima oleh Usamah Bima Shafa.

Kemudian Relawan Ambulance Satria yang diterima oleh Asnari, Relawan Ambulance Orca yang diterima oleh Fardianto, dan Relawan Ambulance Sungai Lais yang diterima oleh Fardianto.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022