Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur terus mengalami peningkatan dengan tambahan tujuh kasus terkonfimasi positif, sementara kasus sembuh hanya bertambah tiga kasus berdasarkan update kasus harian, Jumat.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan tambahan kasus positif terjadi di Kutai Barat 2 kasus, Kutai Kartanegara 2 kasus, Samarinda 1 kasus, Panajam Paser Utara 1 kasus dan Berau 1 kasus.

Sedangkan tambahan kasus sembuh terjadi di Balikpapan 2 kasus dan satu lainnya di Kutai Barat.

"Pergerakan kasus cenderung memgalami kenaikan, sebelumnya terdapat lima wilayah Kaltim yang berstatus zona hijau dan saat ini hanya tersisa dua wilayah yakni Mahakam Ulu dan Bontang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Ia mengatakan delapan wilayah Kaltim lainnya yakni Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Berau, Paser, Panajam Paser Utara, Kota Samarinda dan Balikpapan masih bertahan di zona kuning COVID-19.

"Jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 36 orang," kata Andi.

Pasien tersebut lanjut Andi tersebar di Berau 11 pasien, Kutai Barat 7 pasien, Balikpapan 7 pasien, Samarinda 5 pasien, Kutai Timur 4 pasien, Kutai Kartanegara 3 pasien, Paser 1 pasien dan Panajam Paser Utara 1 pasien.

Secara akumulasi, kata Andi jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.384 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.890, sedangkan kasus meninggal dunia sebanyak 5.452 kasus.

Andi mengingatkan kepada masyarakat untuk lebih waspada dengan perkembangan kasus yang cenderung mengalami grafik kenaikan, yakni dengan cara menjaga kesehatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari.

"Jangan sampai lengah, karena penyebaran virus masih berlangsung, tetaplah beraktifitas dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan," pesan Andi.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022