Gubernur Kaltim Isran Noor paparkan maksud tema HUT ke 65 Provinsi Kaltim tahun 2022 “Kaltim Kuat, Kaltim Berdaulat Mewujudkan Kalimantan Timur Yang Kuat Berdaulat Demi Kesejahteraan” dihadapan pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat Kaltim.
 

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Paripurna ke 2 DPRD Kaltim dalam rangka peringatan HUT ke 65 Provinsi Kaltim, di Hotel Mercure Samarinda, Jumat (7/1).

Tema Kaltim Kuat Kaltim Berdaulat maksudnya Provinsi Kaltim di dalamnya ditopang SDA kuat tapi belum sepenuhnya merasakan manfaat memadai dari kekayaan tersebut.

“Pemerintah bersama masyarakat tangguh meningkatkan produktivitas guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Tema itu juga sebagai gambaran Kaltim di masa depan menyusul ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) dan diharapkan membawa perubahan besar pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Kaltim.

“Juga menjadi doa dan harapan pemerintah untuk terus maju tumbuh menatap masa depan dalam bingkai NKRI,”timpalnya.

Isran menyatakan Pemprov Kaltim akan terus melakukan pembangunan untuk berdaulat. Berjuang memperoleh keadilan dan pemerataan.

Disisi lain katanya capaian kinerja Pemprov Kaltim yang menunjukkan perbaikan berkat dukungan DPRD Kaltim dan masyarakat. Meskipun capaiannya belum apa-apa dan butuh dukungan dan kerja bersama.

Meski begitu dia mengaku bangga Kaltim termasuk Provinsi yang harmonis, damai, dan tidak ada konflik SARA. Sejak dulu masyarakat Kaltim menerima kedatangan masyarakat dari daerah lain dan menerima dengan  lapang dada.

“Seorang Gubernur tidak bisa melakukan semuanya. Harus didukung kerja bersama, menciptakan keharmonisan dan kedamaian di Kaltim,”ajaknya.

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK saat membuka rapat Paripurna menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo mengamanatkan peningkatan kepedulian masyarakat.

 “DPRD juga punya peran penting mendukung perwujudannya,”katanya.

Makmur HAPK menyebut perlu optimalisasi peran DPRD dan Pemprov Kaltim dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat. Besar harapan Provinsi Kaltim pada saatnya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagian timur.

Ia menegaskan untuk mewujudkan keberhasilan perlu komitmen kerja keras pemerintah bersama masyarakat. Momentum HUT Provinsi Kaltim hendaknya dapat memberikan pelayanan dan pengabdian terbaik.

Pada Rapat Paripurna ke 2 DPRD Kaltim tersebut rangkai dengan pemberian penghargaan kepada para tokoh yang dianggap berjasa dalam pembangunan Kaltim. Diantaranya kepada tokoh Kerukunan Umat Beragama  diberikan kepada Profesor Akhmad Bukhari, tokoh pendidikan yang Inovatif Bidang Transformasi Kelembagaan Profesor Mukhamad Ilyasin,  dan tokoh Pertanian Kaltim M Ibrahim.

Selanjutnya penghargaan kepada tokoh pembangunan daerah diraih Syaharie Jaang, tokoh Exponen Angkatan se Kaltim diraih Muhammda Alie Gays, tokoh Disabilitas diraih  Anni Juwairiyah, dan tokoh olahraga diraih Zairin Zain, serta tokoh pelopor bidang pendidikan diraih Farid Wadjdy dan pelatih berprestasi diraih Kosim Norseha.

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022