Samarinda (ANTARA Kaltim) - DPRD Kalimantan Timur memberikan dukungan positif terhadap Kabupaten Berau yang diberi kesempatan menghelat Festival Derawan untuk mendampingi Sail Komodo 2013.

Meskipun gagal menjadi tuan rumah Sail Derawan 2013, namun sejumlah persiapan seperti proyek fisik terus digarap untuk menyukseskan Festival Derawan 2013, misalnya pembangunan Bandara di Pulau Maratua yang jaraknya ke Pulau Derawan hanya 30 menit menggunakan speedboat.

Anggota Komisi IV Leliyanti Ilyas menyatakan, Kaltim juga layak menjadi tujuan utama pariwisata nasional dan dunia dan tentu saja merupakan kerja keras semua pihak terkait untuk mewujudkannya.

Gambaran Derawan yang sudah menjadi salah satu primadona kunjungan wisata taman laut, katanya, adalah fakta bahwa Kaltim punya potensi berada di jajaran teratas tujuan wisata dunia.

"Keindahan Kepulauan Derawan sudah tak diragukan lagi. Modal sumber daya alam inilah yang hendaknya mampu kita kembangkan dengan baik. Sehingga tak hanya keuntungan di bidang pariwisata. Tetapi berbanding lurus dengan efek peningkatan ekonomi yang menjadi imbas positifnya," ungkap Leliyanti.

Ambisi besar menggelar perhelatan Sail 2014 adalah bukti bahwa Kaltim benar-benar siap menjadi tujuan wisata dunia.

"Meyakinkan pemerintah pusat bahwa kita mampu melaksanakan event skala dunia, menjadi tantangan bersama. Jika berhasil menggelar Festival Derawan jangan lantas berbesar hati. Target Sail 2014 harus dipersiapkan bersama. Mulai dari infrastruktur, kesiapan SDM hingga menggaet sponsor," harapnya.

Sebagai wakil rakyat, Leliyanti pun menyatakan kesiapannya mendukung program yang terkait kesuksesan event itu nantinya.

"DPRD Kaltim selalu mendukung event apa saja yang memberikan dampak positif pembangunan dan pergerakan perekonomian daerah, termasuk bidang pariwisata yang memang gencar digenjot pemerintah," lugasnya. (Humas DPRD Kaltim/adv/eno/adhi/met)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013