Stadion Olympic Mini di Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau ditargetkan sudah selesai pembangunannya sebelum pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)  pada November 2022.
 

Diketahui Kabupaten Berau terpilih menjadi tuan rumah untuk Porprov Kaltim ke VIII pada November 2022.

"Stadion  Olympic Mini sudah jadi, cuma masih ada beberapa yang belum selesai di antaranya lampu yang belum dipasang, genset, halaman parkir masih belum, jalan kurang  lebih panjangnya 25 meter, termasuk drainase dan gapura yang harus dilengkapi ," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Berau Taupan Madjid di Berau, Selasa.

Taupan menjelaskan stadion tersebut sudah dibangun dengan dana  dari tahun anggaran 2020-2021 melalui multi years contrack (MYC) atau tahun jamak sebesar Rp 51 miliar.

"Ternyata anggaran Rp50 miliar dengan stadion sebesar ini kan tidak cukup, akhirnya kita minta bantuan keuangan ke Pemerintah Provinsi Kaltim  sebesar Rp16 miliar dan sudah dibantu," tuturnya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi  juga memberi bantuan keuangan untuk jalan  akses masuk ke stadion sebesar Rp 12 miliar melalui dua tahapan.

Lanjut Taupan untuk menyelesaikan stadion tersebut tahun depan masih dibutuhkan anggaran kurang lebih sekitar Rp 42 miliar lagi.

Menurutnya t ahun depan  atau 2022 ada dana Rp 20 miliar  dari anggaran Kabupaten Berau, jadi   masih kekurangan sekitar Rp 22 miliar.

“Stadion berkapasitas  sekitar 3.018 orang tersebut diharapkan sudah selesai sebelum pelaksanaan Porprov ke VII pada November 2022.

Taupan menambahkan kalau perlu dua bulan sebelum pelaksanaan Porprov dilakukan  uji coba, sehingga kalau ada sedikit kekurangan bisa dilakukan perbaikan..

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim Agus Tianur menyebut bantuan Pemprov Kaltim untuk pembangunan stadion tersebut sudah terbilang cukup.

"Tidak mencukupi tapi tetap meringankan tuan rumah untuk melaksanakan kegiatan Porporv. Fasilitas untuk pembukaan, bola, atletik dan penutupan Porprov sudah memenuhi syarat," tegas Agus Tianur.
 

Pewarta: R'Sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021