Gubernur Kaltim Isran Noor dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) melakukan aksi penanaman pohon produktif di bantaran sungai guna menyelamatkan ekosistem sungai yang berada di kawasan Muang, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, pada Jumat.


"Dengan adanya pohon maka akan menyegarkan ekosistem sungai dan makhluk tuhan lainnya, dan buah dari pohon itu bisa dinikmati secara ekonomi oleh masyarakat," kata Isran Noor usai melakukan penanaman bibit pohon sukun kuning dan durian di tepi Sungai Karang Mumus di Samarinda, Jumat.

Menurutnya, penanaman pohon itu memberi banyak manfaat, bagi pemulihan ekosistem sungai yang diisi beragam jenis ikan dan plankton, burung, hewan dan tumbuhan.

Pemprov Kaltim terus mendukung upaya-upaya untuk menjaga dan mempertahankan kondisi lingkungan agar lebih baik. Untuk itu komitmen pembangunan hijau Kaltim tak perlu diragukan lagi.

Isran berharap seluruh pemangku kepentingan dan semua lapisan masyarakat Kaltim, ikut berpartisipasi menjaga dan memelihara lingkungan dengan penuh rasa tanggung jawab. 

Untuk itu dengan kondisi lingkungan yang baik, maka kehidupan manusia di sekitar lingkungan tersebut akan lebih baik.

Guna diketahui, aksi penanaman pohon itu menjadi kegiatan pembuka Gubernur Kaltim H Isran Noor dan rombongan dalam rangka kunjungan kerja (kunker) ke wilayah utara, mulai dari wilayah utara Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur dan Berau.

Kunker kali ini diperkirakan berlangsung dalam waktu satu minggu dan akan berakhir dengan aksi bersih-bersih pantai di Pulau Maratua, Kabupaten Berau.

Dalam kunjungan kerjanya, Gubernur Isran Noor didampingi, Sekda Provinsi Kaltim HM Sa'bani, Anggota DPD RI  Nanang Sulaiman serta sejumlah pimpinan OPD.

Selain melakukan penanaman pohon, juga dilakukan penyerahan piala pengelola hutan adat dan hutan masyarakat, penyerahan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), serta penyerahan bantuan bibit tanaman buah, dan penandatanganan prasasti Kampung Ramah Air Hujan Kelurahan Pampang.

Pewarta: Gunawan Wibisono/R'sya R

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021