Warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyerbu kebutuhan pokok minyak goreng dalam operasi pasar murah yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) setempat.

Kepala Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro di Penajam, Jumat mengungkapkan, masyarakat meminati produk minyak goreng dalam operasi pasar murah yang digelar di empat wilayah kecamatan.

Antusias warga terhadap operasi pasar murah tersebut cukup tinggi jelas dia, dan minyak goreng menjadi komoditi yang paling diburu masyarakat karena harga jual di tingkat pedagang sudah sangat mahal.

"Dalam operasi pasar murah minyak goreng dijual dengan harga Rp16.000 per liter untuk kemasan bagus," ungkapnya.

"Sedangkan di pasar tradisional maupun warung, toko dan minimarket komoditas minyak goreng dijual dengan harga Rp22.000 per liter," tambahnya.

Operasi pasar murah tersebut menurut Kuncoro, juga menjual gula pasir, daging beku, beras, tepung dan kebutuhan pokok lainnya yang dijual cukup murah di bawah harga pasar.

"Pembelian komoditas bahan pokok pada operasi pasar dibatasi agar pasar murah itu benar-benar menyentuh masyarakat kecil yang bukan pedagang," kata Kuncoro.

Operasi pasar murah dilaksanakan selama lima hari, bekerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog Kantor Cabang Pembantu (Kancapem) Tanah Grogot, Kabupaten Paser.

Perum Bulog Kancapem Tanah Grogot memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021