Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Menko Kesra Agung Laksono mendukung penyelenggaraan Festival Derawan 2013 dan akan mengoordinasikan dengan kementerian terkait dalam kepanitiaan "Sail Komodo" serta "Festival Derawan".

"Hal itu dijanjikan Menko Kesra Agung Laksono saat bertemu Bupati Berau Makmur HAPK di Jakarta, belum lama ini," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Berau Mappasikra Mappaseleng SE, Selasa.

Kesiapan Berau selaku penyelenggara Festival Derawan memang berbeda dengan daerah penyelenggara "Sail Komodo" di NTT, karena berbagai fasilitas infrastruktur di daerah sudah tersedia.

"Infrastruktur akses menuju pulau Derawan dan pulau-pulau wisata lainnya sudah siap, karena itu Bupati Berau meminta dukungan peningkatan kualitas infrastruktur, bukan membangun fasilitas bandara yang baru," tambahnya.

Khusus Bandara Kalimarau akan mendapatkan dukungan anggaran melalui APBN guna perbaikan landasan pacu bandara.

Fasilitas lain yang diharapkan bantuan kepada sejumlah Kementerian, melalui Menko Kesra, terkait dengan fasilitas pendukung kegiatan wisata yang disalurkan melalui Dinas Kesehatan.

"Juga, fasilitas tambat perahu yang diarahkan melalui anggaran Kementerian Perhubungan. Begitupun dukungan melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kegiatan operasional Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di daerah," katanya.

Penyelenggaraan Fastival Derawan memang tidak lama lagi, yakni dimulai dari Juni hingga puncaknya pada September. Untuk itu, Menko Kesra siap melakukan koordinasi yang membahas apa saja yang menjadi usulan Pemkab Berau.

"Dengan demikian, apa yang diharapkan Pemkab Berau dalam pengembangan wisata bisa benar-benar terealisasi dan mampu memberi kontribusi kepada masyarakat yang ada di pulau itu," katanya. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013