Pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momen ini sebagai langkah untuk bersinergi melahirkan generasi emas penerus bangsa.


"Para orang tua harus bisa mengembangkan pola pikir produktif kepada diri anak-anak, untuk menyiapkan anak Indonesia yang unggul dan berdaya saing," kata Bupati di Tenggarong, Senin.

Dikatakannya, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri dan memerlukan dukungan, partisipasi aktif dari masyarakat untuk membangun keluarga yang tangguh.

Untuk itu harus adanya penguatan dalam keluarga yang nantinya sangat menentukan kualitas dalam pendidikan anak.

"Apabila keluarga bisa memupuk pola pikir perilaku yang produktif maka kita bisa melahirkan generasi emas Indonesia, pemenang, cerdas, kreatif, inovatif, produktif dan generasi yang visioner," ujar Edi.

"Kita harus menjaga kesehatan maupun gizi anak-anak yang kelak akan menjadi penerus bangsa ini," sambungnya.

Menurut Edi, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah akibat pandemi. Pemerintah menyadari kondisi ini membuat anak-anak rindu kembali berkumpul dan bermain dengan teman di luar rumah.

Pemerintah daerah juga berharap, orang tua dan para anggota keluarga senantiasa hadir menyemangati dan ikut mendampingi perkembangan anak, guna menciptakan rasa ceria anak selama beraktifitas di rumah.

"Selamat Hari Anak Nasional, semoga dengan momentum ini kita semua dapat memaknai betapa pentingnya memprioritaskan hak anak, di antaranya seperti hak keberlangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak mendapat perlindungan dan hak berpartisipasi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aji Lina Rodiah berharap momen ini dapat menggugah, meningkatkan kepedulian setiap individu, orang tua, keluarga masyarakat Kukar serta pemerintah daerah terhadap perlindungan anak.
 
"Anak merupakan potensi dan penerus tongkat estafet cita-cita perjuangan bangsa yang memerlukan perlindungan sehingga tumbuh kembangnya baik fisik dan mental maupun sosialnya dapat terpelihara dengan baik dan sempurna," tuturnya.

Maka dengan Peringatan Hari Anak Nasional ini, selalu mengingatkan akan hak dan kewajiban anak-anak yang harus dipenuhi agar mereka dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Sapri Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021