Warga Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama pihak terkait diminta waspada terhadap hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang dapat menimbulkan berbagai akibat seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan lainnya.


"Hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini diprakirakan terjadi pada Senin malam hingga Selasa dini hari," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Minggu.

Sebaran hujan lebat disertai petir dan angin kencang tersebut adalah di Kecamatan Long Iram, Sendawar, Damai, Melak, Muara Pahu, Muara Muntai, Tabang, Long Apari, dan Kecamatan Long Bagun.

Kemudian Kecamatan Babulu, Loa Janan Ilir, Tanjung Redeb, Tenggarong, Pulau Derawan, Muara Badak, Kongbeng, Kecamatan Muara Wahau, dan sejumlah kecamatan di Kota Samarinda.

Ia melanjutkan, sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin diprakirakan terjadi hujan petir, yakni pukul 17.00 wita di Kecamatan Tenggarong, Tabang, dan Muara Wis.

Kemudian pukul 20.00 wita di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Sebulu, Tabang, Kembang Janggut, Kota Bangun, Loa Kulu, Marang Kayu, dan Muara Komam.

Selanjutnya pukul 23.00 hujan petir di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Muara Jawa, Tabang, Anggana, Kembang Janggut, Loa Janan, Loa Kulu, Marang Kayu, Samboja, Sanga-Sanga, dan Tenggarong Seberang.

Berikutnya pada Selasa dini hari, tepatnya pukul 02.00 wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Badak, Kembang Janggut, Marang Kayu, dan Tenggarong Seberang. Pukul 08.00 di Kembang Janggut dan Tenggarong Seberang.

Untuk Kabupaten Kutai Barat, hujan petir pukul 17.00 terjadi di Kecamatan Long Iram, Linggang Bigung, dan Penyinggahan. Pukul 20.00 terjadi di Long Iram dan Linggang Bigung.

Di Kabupaten Berau, lanjutnya, pukul 20.00 hujan lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, dan Talisayan. Di jam yang sama juga terjadi hujan petir di Kecamatan Kelay dan Segah.

Pada pukul 23.00, lanjutnya, hujan petir diprakirakan terjadi pada semua kecamatan di Berau. Kemudian Selasa pukul 02.00 di Kecamatan Tanjung Redeb, Tabalar, Batu Putih, Biatan, Biduk-Biduk, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan dan Teluk Bayur.

"Hujan lebat diprakirakan merata di Kota Bontang pada Senin pukul 20.00 dan hujan petir pukul 23.00. Sedangkan di Balikpapan diprakirakan hujan petir pukul 17.00 pada dua kecamatan, yakni Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah," kata Diyan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021