Lima wilayah di Provinsi Kalimantan Timur berpeluang menyusul tiga Kabupaten yakni Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara dan Panajam Paser Utara yang lebih dulu berstatus zona hijau, karena tinggal menyisakan beberapa orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Sabtu mengatakan lima wilayah tersebut diantaranya Samarinda, Berau dan Paser hanya tersisa satu pasien positif COVID-19, sedangkan Kutai Barat dan Balikpapan hanya tersisa tiga orang pasien positif.

"Pasien terkonfirmasi positf COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim hanya tersisa 33 orang," katanya.

Andi menyebutkan dua wilayah Kaltim dengan pasien terkonfirmasi positif, yakni Bontang dengan 14 pasien dan Kutai Timur dengan 10 pasien.

Berdasarkan update kasus harian, Sabtu, lanjut Andi telah terjadi penambahan sebanyak dua kasus terkonfirmasi positif dan satu orang pasien sembuh.

"Akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Kaltim sebanyak 158.273 kasus dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.788 kasus," kata Andi.

Andi menambahkan untuk kasus meninggal dunia kembali tidak terjadi penambahan kasus baru sehingga jumlah keseluruhan kasus meninggal dunia akibat virus corona di wilayah Kaltim masih dalam angka 5.452 kasus.

Menurut Andi masyarakat harus tetap mempertahankan kedisilplinan menjalankan protokol kesehatan meski penyebaran virus sudah mengalami penurunan.

"Harus tetap waspada akan potensi terjadinya ledakan kasus, khususnya menyambut libur Natal dan Tahun Baru mendatang," katanya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021