Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Kalimantan Timur melakukan penjajakan kerjasama dengan Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (Institut PTIQ) Jakarta, Kamis (9/12).

"Penjajakan kerjasama dalam rangka upaya meningkatkan prestasi di bidang musabaqah tilawatil qur'an, "ujar Ketua III LPTQ Kaltim Moh Jauhar Efendi sebaga pimpinan rombongan Pengurus LPTQ silaturahmi ke Institut PTIQ melalui rilisnya, Jumat (10/12). 

Sebagaimana diketahui, sambung dia, bahwa PTIQ merupakan Perguruan Tinggi pertama di dunia, yang mengkhususkan kajian Al-Qur'an. 

PTIQ di dirikan Tahun 1971. Dua tahun kemudian, yaitu Tahun 1973, di Universitas Islam Madinah, baru didirikan kajian yang sama dengan PTIQ.

Rombongan LPTQ Kaltim sebanyak 11 orang diterima Kepala Biro Akademik, Dr. Made Saihu, Kepala Biro Umum, Zaini dan Ketua Lembaga Tahsin dan Tahfidz Qur'an, Dr. Abdur Rokhim Hasan, MA. Berdasarkan penuturan Kepala Biro Akademik, Rektor Institut PTIQ, Prof. Dr. Nasarudin Umar, MA., maupun para Wakil Rektor semuanya sedang berada di luar daerah.

Institut PTIQ memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Syari'ah, Tarbiyah, Ushuluddin, dan Fakultas Dakwah. Institut PTIQ memiliki jenjang S1, S2, dan S3. Keseluruhan jumlah mahasiswa dari seluruh jenjang sebanyak 5.000 mahasiswa.

Rencana kerjasama dalam jangka pendek, LPTQ Kaltim akan meminta dukungan para dosen yang mumpuni di bidangnya untuk datang ke Samarinda melatih para calon peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang akan dikirim mengikuti MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 yang akan datang di Banjarmasin, Kalsel. Idealnya pemusatan latihan, sekurang-kurangnya satu bulan penuh.

Sedangkan kerjasama dalam  jangka panjang, LPTQ Kaltim  Kaltim akan bekerjasama dengan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas mengirim calon mahasiswa yang sudah memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan S1, S2, maupun S3 di Institut PTIQ, di Jakarta.

Berdasarkan penuturan dari pengelola PTIQ, semua provinsi yang masuk langganan 3 besar tingkat nasional, rata-rata jebolan PTIQ. Reputi alumnus PTIQ tidak perlu diragukan, karena selalu merebut juara MTQ Tingkat Nasional maupun Internasional.

"Yang cukup menarik, PTIQ memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi target hafalan 4 juz per semester. Beasiswa diberikan mulai semester 2 dan seterusnya (tahfidz penuh)," pungkasnya.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021