Perkembangan kasus COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukkan angka penurunan kasus, saat ini pasien terkonfirmasi positif yang masih menjalani perawatan hanya tersisa 39 orang berdasarkan update kasus harian, Senin.


Juru bicara satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak menyampaikan dua wilayah di Kaltim yakni Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Panajam Paser Utara tetap bertahan di zona hijau COVID-19.

Sedangkan delapan wilayah lainnya yakni Kabupaten Paser, Kutai Kartanegara, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kota Samarinda, Bontang dan Balikpapan dalam status zona kuning.

"Enam wilayah yakni Samarinda, Berau, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Kutai Timur dan Paser jumlah pasien positifnya kurang dari lima orang, sedangkan Kutai Barat dan Bontang jumlah pasien positifnya 13 orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi menjelaskan berdasarkan update kasus harian telah terjadi penambahan kasus sembuh sebanyak tujuh kasus, sedangkan kasus terkonfirmasi positif turut bertambah dua kasus.

Dengan adanya tambahan kasus baru menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 158.252 kasus, dan kasus yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.761 kasus.

Andi menambahkan untuk kasus meninggal dunia kembali tidak terjadi penambahan kasus baru sehingga jumlah keseluruhan kasus meninggal dunia akibat virus corona di wilayah Kaltim sebanyak 5.452 kasus.

Menurut Andi meski kasus pandemi di Kaltim terus mengalami penurunan, namun masyarakat tetap diharapkan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Sebab, lanjut Andi di sejumlah wilayah di Tanah Air sudah mulai terjadi lonjakan kasus dan Pemerintah Pusat pun juga telah memberikan imbauan kewaspadaan di wilayah masing- masing.

"Mendekati perayaan Natal dan Tahun Baru ini kita diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan jangan lupa vaksin," tegas Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021