Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan bantuan peralatan mesin rotan kepada Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kutai Timur. 


Penyerahan alat pembelah dan penipis rotan secara simbolis dilaksanakan Ketua Dekranasda Kaltim Norbaiti Isran Noor didampingi Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Kaltim Zainuddin Panani kepada Ketua Dekranasda Kutai Timur Siti Robiah di Maloy Cafe Hotel Royal Victoria, Kutai Timur,Jumat.

Ketua Dekranasda Kaltim Norbaiti Isran Noor mengungkapkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kaltim jumlahnya sangat banyak dan itu menjadi perhatian pemerintah provinsi untuk terus mengembangkannya. 

Dekranasda, lanjut dia, terus bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memajukan sektor kerajinan di Kaltim, yang pada 2021 ini fokus pada pengembangan kerajinan batik, anyaman dan tenun.

“Kita akan terus berusaha bagaimana
 mengangkat UMKM di Kaltim ini bisa naik kelas, bisa go digital, go global dan go ekspor, yang tentunya akan berpengaruh terhadap kesejahteraan para pelaku UMKM dan karyawannya,” ucap Norbaiti.

Norbaiti menjelaskan, termasuk salah satunya melalui penyerahan bantuan alat pembelah dan penipis rotan dari Pemprov Kaltim kepada Dekransda Kutai Timur, yang dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kualitas kerajinan rotan sebagai salah satu andalan di Kutai Timur. 

“Selamat kepada Kabupaten Kutai Timur yang telah mendapatkan bantuan mesin untuk membuat rotan itu menjadi lebih halus," kata Nurbaiti.

Ia berharap dengan mesin ini bisa memberikan hasil kerajinan yang maksimal dan membawa dampak positif bagi pengrajin rotan.

"Jika hasilnya maksimal, pekerjaan lebih rapi, harganya biar lebih mahal pun dari yang lain, orang pasti tetap mencari dan membelinya,” jelasnya.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021