Pabrik penggilingan padi atau Rice Milling Unit (RMU) milik Badan Usaha Desa (BUMDes) Sumber Purnama Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartenagera (Kukar) diresmikan pengoperasiannya pada Kamis (25/11/2021).
 

“Apa yang sudah dirintis BUMDes, diharapkan bisa memperluas kerjasama dengan desa-desa lainnya sehingga produksinya bisa meningkat,” kata Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono saat peresmian pengoperasian penggilingan padi BUMdes Sumber Purnama.

Ia mengatakan, BUMDes Sumber Purnawa sangat menginspirasi bahwa dari desa ada hasil karya fundamental pada bidang pertanian. Ini bisa membuktikan menjawab permasalahan yang sering dikeluhkan para petani, baik dari pemasaran maupun pasca produksi yang kadang terkendala.

“Apa yang sudah dirintis BUMDes Sumber Purnama berupa alat proses penggilingan padi yang efesien karya dari Bapak Sudarmadji  sekaligus Ketua Bumdes  dapat memperluas kerjasama dengan desa-desa lainnya sehingga produksinya bisa meningkat,” kata Sunggono.

Dia berharap dengan dioperasikannya penggilingan padi tersebut  cakupan kerja sama, produksi petani bisa meningkat dan kepercayaan petani,  sehingga bisa memberikan nilai tambah, bukan hanya terhadap  BUMDes  tetapi juga bagi petani.

Sunggono juga meminta agar Ketua BUMDes Sumber Purnama  mematenkan karya ini. Supaya bisa ditiru, kemudian dimodifikasi dan dibuat di tempat lain. Sebab, tidak semua BUMDes bisa melakukannya.

Sementara Kepala Desa  (Kades)  Loh Sumber Sukirno menuturkan, melalui BUMDes  program agro solusi, kedepan bisa melakukan pembinaan kepada seluruh petani yang ada, baik itu di Kukar ataupun Kaltim.

“Mendorong kemajuan dibidang  pertanian, karena  untuk mempersiapkan pasca tambang  dan ibu kota negara (IKN) di Kaltim,” katanya.

Sukirno menambahkan tujuannya untuk mempersiapkan masyarakat mengenai ketahanan pangan, dengan membuka pabrik penggilingan padi.  Artinya produk lokal tidak kalah bersaing dengan pulau Jawa maupun daerah lainnya.

Peresmian itu juga dihadiri Ketua Umum Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Muhammad Yadi Sofyan Noor.(Adv/Kominfo Kukar)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021