Satgas COVID-19 Kalimantan Timur menyebutkan tiga wilayah di Kaltim, yakni Kabupaten Berau, Kutai Timur, dan Paser, berpotensi menyusul Kabupaten Mahakam Ulu, berstatus zona hijau COVID-19.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Minggu, mengatakan jumlah pasien COVID-19 yang menjalani perawatan di wilayah tersebut tersisa kurang dari lima orang.

"Untuk Berau pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan tersisa dua orang, di Kutai Timur tiga orang dan Paser empat orang, saat ini ketiganya masih dalam status zona kuning dan akan segera menyusul Mahakam Ulu untuk zero kasus," kata dia.

Andi mengatakan saat ini total pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan tersisa 93 orang, sedangkan dari 10 kabupaten dan kota se- Kaltim, hanya Mahakam Ulu yang berstatus zona hijau.

Sebanyak delapan wilayah lainnya, yakni Berau, Kutai Kartanegara, Paser, Kutai Timur, Panajam Paser Utara, Bontang, Samarinda, dan Balikpapan bersatus zona kuning.

"Satu wilayah Kaltim lainnya yakni Kutai Barat berstatus zona oranye dengan jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 26 orang," kata dia.

Ia menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di wilayah Kaltim pada Minggu, untuk kasus terkonfirmasi positif bertambah 21 kasus, sedangkan kasus kesembuhan bertambah 19 kasus.

Dengan tambahan kasus baru menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kaltim 158.120 kasus, sedangkan yang telah dinyatakan sembuh 152.576 kasus.

"Untuk kasus meninggal dunia kembali tidak terjadi penambahan sehingga jumlah kasus meninggal dunia akibat virus corona di Kaltim masih dalam angka 5.451 orang," kata Andi Muhammad Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021