Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berupaya mencapai target 80 persen warga di daerah itu sudah mendapat suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama sampai akhir Desember 2021.

"Sasaran vaksinasi virus corona sebanyak 135.017 jiwa," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Jense Grace Makisurat di Penajam, Jum'at.

"Kami terus melaksanakan program percepatan vaksinasi virus corona, dan target akhir 2021, 80 persen warga sudah divaksinasi dosis pertama," tambahnya

Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama, lanjut ia, mencapai sekitar 57 persen dan capaian vaksinasi dosis kedua sekitar 33 persen.

Dari angka capaian vaksinasi COVID-19 tersebut hanya petugas pelayanan publik dan tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 100 persen.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara optimistis mampu meraih capaian 80 persen dosis pertama yang ditargetkan apabila pasokan vaksinasi berjalan dengan normal.

"Secara maraton kami lakukan vaksinasi untuk mendorong percepatan kekebalan komunal di wilayah Penajam Paser Utara," ucap Grace Makisurat.

Vaksinasi digelar serentak di beberapa fasilitas kesehatan di wilayah Penajam Paser Utara, di masing-masing puskesmas dan puskemas pembantu kelurahan/desa.

Program vaksinasi juga digelar pihak TNI dan Polri yang terus melaksanakan kegiatan hingga ke pelosok Kabupaten Penajam Paser Utara.

Percepatan capaian vaksinasi, menurut Grace Makisurat, tidak terlepas dari pemerintah kabupaten bersama TNI dan Polri.

Capaian vaksinasi COVID-19 juga tidak terlepas dari tingginya minat masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara untuk disuntik vaksin.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021