Wali Kota Samarinda Andi Harun optimis pada akhir November 2021 akan tercapai kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Samarinda.
 

“Sesuai target yang dicanangkan, akhir November vaksinasi di Samarinda sudah akan mencapai 70 persen dan akan terbentuk herd immunity di tengah-tengah masyarakat,” kata Andi Harun saat meninjau pelaksanaan vaksinasi kerjsama BKKBN Kaltim dan TP-PKK Kota Samarinda di GOR Segiri Samarinda, Minggu (7/11/2021).

Ia menjelaskan apabila angka konfirmasi COVID-19 di Kaltim terus berkurang, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit jauh di bawah standar WHO 60 persen. Kemudian masyarakat minimal memakai masker dan vaksin sudah terlaksana maka PPKM di Samarinda bisa berada di Level 1.

"Kalau Level 1, minimal 70 persen  dan kegiatan masyarakat akan dibuka kembali. Itu sebabnya saya selalu mengimbau ayo kita kerja sama," ajaknya.

Andi Harun menambahkan dirinya  senang dan mengapresiasi Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan seluruh elemen atas pencapaian vaksin hingga hari ini  sudah sekitar 60 persen.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kosasih juga optimis herd immunity di Kota Samarinda akan terbentuk di akhir November 2021.

"Kita sudah tembus 60 persen, tinggal sedikit buat mencapai target nasional. Insyaallah Samarinda akhir November bisa tembus 70 persen, “ujarnya.

Dia menegaskan, target nasional vaksinasi 70 persen merupakan batas aman, artinya dengan kekebalan komunal, kemungkinan terjadi ledakan COVID-19 sangat minim.

Ismed menuturkan  ekonomi harus terus berjalan, untuk itu dilakukan dua pencegahan yaitu protokol kesehatan (prokes) dan upaya mempercepat terbentuknya kekebalan komunal.

Meski demikian ungkapnya  pemerintah juga tetap mengantisipasi hal-hal lainnya, seperti 3 T yang terus berjalan, siaga pusat karantina dan rumah sakit kalau-kalau terjadi ledakan.

"Tapi saya percaya insyaallah kasus COVID-19 di Samarinda akan terus melandai," tutupnya.
 

Pewarta: R'sya R

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021