Sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan diguyur hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dalam tiga hari ke depan atau 3-5 November 2021
sehingga masyarakat dan pihak terkait diimbau mewaspadai dampaknya.
 
 
"Untuk  3 November ini, hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat antara lain dapat terjadi di Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Idham Halid di Balikpapan, Rabu.
 
Kemudian di Kabupaten Kutai Barat dapat terjadi di Kecamatan Long Iram, Melak, Damai, dan Kecamatan Sendawar. Di Kabupaten Kutai Timur adalah Kecamatan Batu Ampar, Kongbeng, Muara Ancalong, dan Kecamatan Muara Wahau.

Berikutnya adalah di Kabupaten Mahakam Ulu yang meliputi Kecamatan Long Apari, Long Bagun, dan Kecamatan Laham. Untuk Kota Balikpapan berpotensi di Kecamatan Balikpapan Kota dan Balikpapan Timur.
 
Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, lanjutnya, hujan lebat tersebut dapat terjadi di Kecamatan Tenggarong, Muara Muntai, Loa Janan Ilir, dan Kecamatan Muara Jawa.
 
Sementara pada 4 November 2021, kata Ilham, berpotensi terjadi di kawasan Muara Wahau, Sendawar, Laham, Long Iram, Long Apari, Long Bagun, Tabang, Samarinda, Sangatta dan Maratua.
 
Sedangkan pada 5 November 2021, potensial terjadi di Long Iram, Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Apari, Melak, Tenggarong, Damai, Muara Muntai, Balikpapan Kota, Balikpapan Timur, Loa Janan Ilir Sendawar, Muara Jawa, Laham, Penajam, Samarinda dan Sangatta.
 
"Berdasarkan potensi hujan harian dalam 6 hari ke depan, yakni pada 3 November hingga 8 November 2021, hujan sedang - lebat berpotensi terjadi di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kaltim," ujar Idham.
 
 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021