Sekitar 80 persen  pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, menjadikan Mitra Tokopedia berperan sebagai usaha tambahan untuk membantu situasi finansial mereka selama pandemi.
 

Hal itu disampaikan berdasarkan Survei Tokopedia mengenai dampak Mitra Tokopedia pada Oktober 2021.

“Sembilan dari 10 penjual mengalami peningkatan penghasilan lebih dari 50 persen setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia. Mereka mengaku dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memiliki tabungan, membayar sekolah anak dan terbebas dari utang,” kata AVP of New Retail Tokopedia, John Hadiwidjaja.

Ia mengatakan dalam rangka HUT ke-3 Mitra Tokopedia, Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki turut menyampaikan apresiasinya dan berharap dengan bertambahnya usia, Mitra Tokopedia senantiasa mengambil peran dalam mengakselerasi digital pelaku UMKM.

Khususnya pegiat usaha tradisional, para pedagang warung. Pelaku UMKM, khususnya usaha mikro - termasuk di dalamnya warung, yang sangat berpotensi memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan serta pemulihan ekonomi nasional.

“Saya berharap tidak hanya mampu meningkatkan jumlah warung yang terhubung ke dalam ekosistem digital, tetapi juga meningkatkan literasi digital dan juga kesejahteraan para pemilik warung yang tergabung dengan Mitra Tokopedia,” kata Teten.

John Hadiwidjaja menjelaskan survei Mitra Tokopedia tersebut juga mencatat hampir 60 persen  penjual yang menggunakan fitur Grosir di Mitra Tokopedia mengaku lebih efisien karena bisa memanfaatkan promo di aplikasi dan bertambah penghasilannya karena tidak perlu menutup toko ketika memperbarui stok produk dagangan mereka.

Dikemukakannya hal dapat dirasakan oleh Elisa Pakpahan, penjual produk grosir asal Medan. Elisa mengatakan, "Biasanya membeli stok produk grosir ke toko offline menjadi hambatan untuk saya sebagai seorang  difabel. Namun sejak bergabung dengan Mitra Tokopedia, membeli stok produk jadi jauh lebih mudah karena ada fitur Grosir. Omzet bulanan saya pun meningkat hingga puluhan juta rupiah.”

Hal yang sama juga di sampaikan Ida Fitriani, guru honorer di Kutai Barat dan pemilik Barokah Cell.

“Kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan. Transaksi bulanan saya juga meningkat lebih dari 2 kali lipat. Apalagi di masa pandemi, pulsa telepon dan paket data menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja atau sekolah dari rumah,” ungkap Ida.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021