Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur terus meningkatkan kinerjanya dalam upaya mengejar prestasi lima besar Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tingkat Nasional tahun 2022.


"Tahun ini Kaltim berada di peringkat ke-7 Mudah-mudahan tahun depan bisa terus naik peringkat dan bisa masuk 5 besar,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal di Samarinda, Jumat.

Faisal menjelaskan pada tahun ini Pemerintah Provinsi Kaltim meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tingkat Nasional tahun 2021 sebagai Provinsi Informatif dan menduduki peringkat 7.

Prestasi tersebut naik satu tingkat dari pencapain tahun sebelumnya yang berada di peringkat 8.

Menurut Faisal penghargaan ini merupakan hasil kerja keras Dinas Kominfo bersama OPD lingkup Pemprov Kaltim dalam keterbukaan informasi publik.

"Sementara provinsi di Pulau Jawa, ada yang keluar dari peringkat 10 besar. Kita sangat mengapresiasi bisa naik peringkat," kata Faisal.

Keberhasilan KIP Kaltim naik peringkat tahun ini, lanjut Faisal dapat memacu semangat semua pihak, serta mengajak semua OPD) dan badan publik untuk lebih transparan dan terbuka dalam keterbukaan informasi publik.

" Kami akan terus berbenah, begitu juga dengan OPD terkait, semoga tahun depan kami bisa memperbaiki peringkat di lima besar," kata Faisal.

Selain itu, Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) Kaltim bisa mempertahankan rangking III besar nasional, kemudian Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) kita masuk rangking 9 nasional, termasuk Indeks Demokrasi Indonesia rangking 3 nasional, jadi capaian prestasi yang diraih tahun ini sangat bagus.

"Mudah-mudahan prestasi dan penghargaan tahun ini, bisa memotivasi seluruh OPD untuk meningkatkan kinerjanya untuk lebih transparan dan terbuka dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi," pesan Faisal.

Sepuluh provinsi kategori Informatif yaitu Jawa Tengah (98,17), Aceh (96,93), Nusa Tenggara Barat (96,77), DKI Jakarta (96,41), Riau (95,81), Bangka Belitung (95,56), Kaltim (93,79), Bali (93,62), Banten (91,70), dan DIY (91,23).
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021