Asisten I Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat melepas  sebanyak 35 atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kukar yang siap berlaga di Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke XVI yang berlangsung  di Papua pada  awal November 2021.
 

Acara pelapasan atlet NPCI Kukar  oleh  asisten I Akhmad Taufik Hidayat berlangsung  di beranda Kantor Bupati Kukar, Senin (25/10).

Dilansir dari laman Prokom Kukar, Taufik membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah,  menyebutkan  Pemkab Kukar mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para atlet NPCI Kukar yang akan bergabung bersama seluruh atlet Kaltim dalam event Peparnas.

"Kita datang tentu tidak hanya mencari pengalaman, karena lebih dari itu ingin mencapai yang terbaik serta prestasi tinggi. Ini adalah upaya kita untuk mengangkat harkat dan martabat Kukar dalam ajang Peparnas, " katanya.

Kemenangan dalam suatu pertandingan, kata dia, memang penting, tetapi ada yang lebih penting lagi, yaitu menampilkan keterampilan terbaik dengan semangat persahabatan. Lawan bertanding sejatinya adalah kawan pada saat bertanding.

Bupati mengapresiasi  karena kontingen Kukar hadir dengan antusiasme dan kesiapan yang matang dalam even tersebut. Peparnas di Papua diharapkan menjadi bahan evaluasi dari seluruh pembinaan kepada para atlet penyandang disabilitas di daerah "etam".

"Even ini merupakan tolok ukur, bahwa atlet-atlet kita juga nanti dapat berkiprah maksimal dan pulang membawa medali seperti atlet-atlet kita lainnya yang telah sukses di pelaksanaan PON XX Papua yang baru saja selesai dilaksanakan, " ujarnya.

Dia menyebutkan, Pemkab Kukar selalu mendukung segala upaya dan usaha dalam pembinaan dan peningkatan prestasi di bidang olahraga. Pemangku kepentingan bidang olahraga di Kukar harus terus ikut serta membangun Kukar. Hal ini selaras dengan Progam KUKAR IDAMAN, dimana salah satu misinya adalah Meningkatkan Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berakhlak Mulia, Unggul dan Berbudaya.

“Atlet  yang diberangkatkan untuk berlaga adalah atlet terbaik yang telah terpilih sebagai atlet NPCI Kukar yang telah dilatih dan dipersiapkan dengan baik,” tuturnya.

Oleh karena itu, katanya harus yakin dan percaya diri untuk keberhasilan dalam perjuangan di Peparnas. Kobarkan terus kepercayaan diri yang tinggi dan semangat pantang menyerah, raih prestasi terbaik yang  pada akhirnya membawa nama baik Kutai Kartanegara.

“ Berangkatlah dengan bangga sebagai duta daerah dan pulang dengan membawa kebanggan buat daerah," pesannya.

Sementara  itu Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar, Fida Hurasani mengatakan selain atlet, Kukar juga mengirim 4 pelatih dan 5 pendamping pada event tersebut.

"Atlet Peparnas  Kukar akan mengikuti 12 cabang olahraga, " ujarnya.  (Adv/Kominfo Kukar)

Pewarta: Sapri Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021