Taman Leban di Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menjadi objek wisata baru dan menjadi andalan bagi warga kecamatan setempat, bahkan hingga dari daerah lain.
 

"Saya dari Samarinda, tapi saya suka ke sini karena tertarik dengan suasananya bagi yang menginginkan tempat luas, indah, dan aman untuk anak-anak," ujar Dina Fatimah, salah seorang pengunjung Taman Leban di Tenggarong Seberang, Minggu.
 
Ia mengatakan bahwa objek wisata baru tersebut bukan hanya diminati dan menjadi andalan warga Tenggarong Seberang, tapi juga bisa menjadi wisata andalan bagi Kabupaten Kutai Kartanegara karena wisatawan dari daerah lain pun kerap mengunjunginya.
 
Menurut Dina, ia mengetahui Taman Leban dari temannya, yakni Agus Sriyani. Kemudian ia meminta foto dan video yang sempat diabadikan oleh temannya tersebut.
 
Merasa tertarik dengan lokasi tersebut, ia kemudian mengajak suami dan anak-anaknya untuk datang langsung. Ia tidak kecewa karena objek wisata tersebut memang indah.
 
"Di sini nyaman, semua kolam dikasih pagar, jadi aman bagi anak-anak, karena anak saya suka lari-lari dan paling tertarik jika melihat air, tapi karena dipagar, jadi anak-anak gak bisa turun," katanya.
 
Di taman ini terdapat beberapa kolam, seperti kolam luas dengan fungsi utama sebagai wahana keliling menggunakan perahu bebek. Untuk naik perahu bebek hanya dikenakan tarif Rp15 ribu.
 
Di tengah kolam ini dipasang jembatan mini yang bisa dilalui pengunjung, sehingga ketika keliling kolam dan melintasi di jembatan mini tersebut, seolah sedang melintas di bawah jembatan besar yang menghubungkan antarpulau
 
Di tengah kolam juga terdapat menara yang dihubungkan dengan jembatan, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana yang jauh di luar taman. Puluhan pengunjung tampak betah di menara itu sambil berswafoto.
 
Di taman ini terdapat beberapa tanaman buah yang bisa dipetik oleh pengunjung, kemudian ada tiga kolam ikan yang bisa dijadikan lokasi pemancingan.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021