Nunukan  (ANTARA Kaltim)  - Sebanyak 371 siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur akan mengikuti praktek kerja industri (Prakerin) di sejumlah daerah pada 4 Maret-5 Juni 2013.

Para siswa yang akan mengikuti prakerin tersebut adalah Kelas XI yang atas lima kompetensi keahlian yakni Akuntasi 134 orang, Multimedia 41 orang, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura 93 orang, Agribisnis Perikanan 61 orang dan Administrasi Perkantoran sebanyak 42 orang, kata Kepala SMKN 1 Nunukan La Sali, Selasa.

Adapun lokasi Prakerin yang akan ditempati, kata dia, selain beberapa perkantoran dan perusahaan di Kabupaten Nunukan juga di antara mereka ada yang ditempatkan di Kota Tarakan, Balikpapan, dan Provinsi Sulsel yaitu di Kabupaten Maros, Barru dan Gowa.

Melalui Prakerin ini, La Sali mengharapkan siswa-siswinya memiliki sikap profesional, disiplin dan etos kerja yang baik apabila telah bekerja usai menyelesaikan pendidikannya.

Prakerin ini dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan petunjuk Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan sejumlah peraturan yang mengikat lainnya, kata dia.

Menurut dia, siswa siswi yang diberangkatkan prakerin tahun ini adalah kelas XI dengan maksud apabila kelas XII yang diberangkatkan akan mengganggu pelajarannya apalagi dalam tahap persiapan ujian nasional.

Sebelum memberangkatkan para siswa, dia mengaku telah menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi dan dunia usaha yang akan ditempati Prakerin nantinya yang dinilai kompeten dan berkualitas.

Melalui Prakerin ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan mengubah pola pikir siswa yang bakal menjadi tenaga kerja yang handal sesuai keahlian yang dimiliki masing-masing, ujarnya. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013