Sangasanga (ANTARA Kaltim) - Komandan Korem Aji Suryanata Kesuma, Kalimantan Timur, Brigjen TNI Gadang Pambudi bertindak selaku inspektur upacara pada Peringatan Peristiwa Merah Putih (PPMP) Sangasanga ke-66 di Lapangan Gelora Pantai Kota Minyak tersebut, Minggu.

Upacara tersebut dihadiri Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari beserta forum koordinasi pimpinan daerah, kepala instansi di lingkungan Pemkab Kukar, para veteran, organisasi mayrakat, perusahaan, hingga pelajar di Sangasanga.

Upacara diawali dengan pembacaan Pemb Maklumat Komndan Markas Romokarto Fathamsah tentang kemerdekaan Sangasanga, dilanjutkan Pengibaran Bendera merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila yang dipimpin Ispektur upacara, serta pembacaan Pembukaan UUD 1945, kemudian diakhiri dengan doa.

Ketika membacakan sambutan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Danrem Brigjen TNI Gadang Pambudi meminta masyarakat hendaknya mengisi kemerdekaan dengan semangat perjuangan para pahlawan dalam berkarya.

Dikatakan Gadang, Peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga untuk mengenang kembali jasa para pendahulu baik para pejuang maupun warga Sangasanga yang telah berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan dari para kolonial pada tahun 1947 silam.
 
Menurutnya, perjuangan tersebut patut dikenang sebagai teladan untuk memajukan daerah melalui pembangunan, khususnya Sangasanga dan Kaltim pada umumnya.

"Bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawan, untuk itu patut dikenang dan diteladani serta dilanjutkan dengan semangat pembangunan," ujarnya saat menjadi inspektur upacara tersebut.

Selanjutnya kepada pemuda, ia berpesan agar generasi saat ini harus berkaca pada sejarah untuk mewarisi semngat juang para pahlawan, sehingga mamapu menjadi pejuang dalam pembangunan.

Gubernur melalui Danrem juga mengajak agar terus semangat dalam membangun. Menurutnya tahun ini adalah momen pningkatan kinerja dan prerstasi, masyarakat kaltim hendaknya memiliki nilai lebih dalam kinerja.

"Mari bersama membangun Kaltim untuk semua bersatu menggelorakan semangat juang menuju masyarakat adil sejahtera," imabunya.

Dirinya juga berpesana agar masyarakat terus meningkatkan persatuan dan tetap menjaga kondusifitas.

Sehari sebelumnya pada Sabtu (26/1) telah digelar rangkaian PPMP Sangasanga diantaranya yaitu, napak tilas perjuangan, pembukaan pameran pembangunan, tahlilan mendoakan para pahlawan, dan renungan suci. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013