Tanjung Redeb  (ANTARA Kaltim) - Kapolres Berau AKBP Mukti Juharsa SIK menginstruksikan seluruh anggota polisi yang terlibat dalam Operasi Lilin 2012, khususnya dalam pengamanan pergantian tahun, untuk mengamankan warga yang kedapatan membawa minuman keras (miras).

Instruksi tersebut disampaikan Kapolres dalam apel siaga jelang pengamanan perayaan tahun baru, di Lapangan Mapolres Berau, Senin.

Tidak hanya itu, kata Kapolres, guna menjaga kondusivitas umum Berau seluruh anggota juga dilarang meninggalkan pos atau operasi sebelum semua kegiatan masyarakat sepi.

"Bagi anggota tim operasi gabungan yang mendapati ada warga yang membawa Miras langsung amankan ke Mapolres bukan berarti ditangkap tapi ditahan sampai semua kegiatan malam tahu baru selesai," tegas Kapolres.

Guna memantau seluruh aktivitas dan kegiatan masyarakat khususnya dalam kota, Kapolres berjanji akan ikut terlibat dalam operasi di lapangan dengan cara turun langsung bersama anggota operasi lilin.

"Saya akan bersama-sama saudara di lapangan sampai semua kegiatan masyarakat sepi,dan saya ingatkan jangan ada yang pulang sebelum sepi," tambah Kapolres.

Operasi lilin difokuskan pada pengamanan lalu lintas yang dipastikan meningkat serta patroli di wilayah-wilayah dalam kota yang rawan aksi kejahatan.

Beberapa penekanan Kapolres lainnya yakni antisipasi kejadian tak terduga seperti bencana kebakaran.

Masyarakat diimbau untuk lebih waspada terhadap segala kemungkinan itu dengan memperhatikan segala fasilitas di rumah masing-masing.

Dalam merayakan pergantian tahun masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan hal-hal yang berpotensi menyebabkan kebakaran seperti pesta kembang api yang tidak pada tempatnya.

Konsentrasi massa seperti tahun-tahun sebelumnya terpusat di tepian jalan A Yani Tanjung Redeb, yang diantisipasi dengan penutupan jalan A Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Kapten P Tendean bagi kendaraan baik roda 2 maupun 4. Penutupan akan dilakukan sampai dengan selesai pesta kembang api hingga konsentrasi massa di kawasan jalan-jalan tersebut selesai.

Usai apel siaga, Kapolres Berau didampingi Wakapolres Kompol Hendro Kusmayadi SIK menggelar jumpa pers dengan insan media lokal dengan agenda rilis akhir tahun.

Kapolres mengatakan, beberapa kasus unggulan menurun dibandingkan tahun 2011.

Hal itu, menurut Kapolres tidak terlepas dari peran serta berbagai komponen masyarakat terutama partisipasi pihak lain seperti TNI dan jajaran Pemerintah Kabupaten Berau.

Ditambahkannya, tahun 2013 Polres akan meningkatkan kinerja polisi untuk menekan angka peredaran Miras di Berau.

"Sebab kita ketahui miras ini menjadi sumber beberapa kasus kriminal dan penyebab kecelakaan, untuk itu tahun 2013 akan kita fokuskan pada pemberantasan miras," ungkap Kapolres. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012