Desa Bukit Raya di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, terbaik kedua pada lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Timur, kata Pelaksana harian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat Usep Supriatna.


Untuk kedua kali desa perwakilan dari Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil meraih juara lomba desa yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kata Usep Supriatna di Penajam, Kamis.

Desa Bukit Raya tahun ini (2021) menjadi terbaik kedua mengalahkan 843 peserta lomba desa dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur.

"Desa Bukit Raya menjadi desa teladan tingkat kabupaten, sehingga menjadi perwakilan mengikuti lomba desa tingkat provinsi," ucap Usep Supriatna.

"Desa Bukit Raya berhasil memenuhi penilaian utama meliputi bidang pemerintahan kewilayahan dan bidang kemasyarakatan untuk jadi desa teladan," tambahnya.

Dengan keberhasilan menjadi desa terbaik kedua di tingkat provinsi, Desa Bukit Raya mendapat penghargaan berupa tambahan Bankeu (bantuan keuangan) dari pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Tambahan bantuan keuangan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Desa Bukit Raya menurut Usep Supriatna sekitar Rp125 juta.

"Untuk desa yang berhasil meraih juara dua lomba desa dapat tambahan dana Bankeu dari provinsi sekitar Rp125 juta," jelasnya.

Pada 2019 Desa Telemow di Kacamatan Sepaku, juga berhasil menjadi juara dua lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan mendapat bonus anggaran.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara kata Usep Supriatna, pada tahun ini (2021) juga menyalurkan bantuan keuangan khusus kepada pemerintah desa.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021