Samarinda  (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 38 perusahaan berpartisipasi dalam `Job Market Fair` atau bursa lowongan kerja yang dilaksanakan di GOR Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, mulai 21-22 November 2012.

"Sebanyak 1.967 lowongan kerja disiapkan dengan 103 jenis jabatan pada ajang JMF yang digelar di GOR Segiri Samarinda pada 21-22 Nopember 2012. Dari 4.032 pengujung blogspot Disnaker hari ini (Selasa) sudah 835 orang yang mengambil formulir," ungkap Kepala Disnaker Kota Samarinda, Mugni Baharudin, Selasa (20/11).

Ajang JMF tersebut kata Mugni Baharuddin, akan mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan lowongan pekerjaan guna mengurangi pengangguran di Kota Samarinda yang hingga Oktober 2012 mencapai 10.252 orang, sementara yang dapat ditempatkan oleh Disnaker 1.670 orang atau hanya 16,29 persen.

"Ajang JMF ini juga mempermudah pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan karena pengguna tenaga kerja akan menyeleksi langsung para pencari kerja sesuai standardisasi dan kualifikasi yang dibutuhkan," kata Mugni Baharuddin.

Job Market Fair tersebut akan dibuka Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, sekaligus akan meresmikan Bursa Kerja On Line (BKOL).

"Dengan diresmikannya bursa kerja online ini, para pencari kerja bisa mengakses informasi lowongan pekerjaan yang tersedia baik di dalam negeri mulai di tingkat pusat, propinsi dan daerah-daerah maupun bursa kerja di luar negeri secara online melalui internet, baik di rumah, warnet maupun sekolah," ungkap Mugni Baharuddin.

Dinas tenaga Kerja Kota Samarinda kata Mugni Baharuddin telah menyiapkan perangkat yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin mengetahui info pekerjaan.

"Para pencari kerja bisa mencari pekerjaan secara online melalui situs www.infokerja.depnakertrans.go.id. Tidak hanya pencari kerja, perusahaan yang akan mencari tenaga kerja juga bisa mengumumkan lowongan kerjanya melalui BKOL ini," katanya.

Ajang JMF 2012 lanjut dia juga didukung Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Sejumlah perusahaan yang membukan lowongan pada ajanf JMF tersebut diantarnya, PT Luhribu Naga Jaya, Rumah Sakit Haji Darjad, PT Gramedia Cahaya Semesta Abadi, PT Bank Mega, PT Bank Bukopin, PT Artanusa Indo Etam, PT Ace Hardware Indonesia, PT Bara Jaya Energy, Bank Danamon, Hypermart Samarinda, RS Dirgahayu, Aston Samarinda Hotel, Swiss Bell Hotel Borneo, PT Matahari Deptstore, serta PT Bank BTPN. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012